Dampak Besar LaLiga pada Kondisi Ekonomi Spanyol

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Selasa, 05 Maret 2019
Dampak Besar LaLiga pada Kondisi Ekonomi Spanyol
Presiden LaLiga, Javier Tebas. (Zimbio)

BolaSkor.com - Firma konsultasi ternama, PricewaterhouseCoopers (PwC), mengeluarkan laporan mengenai dampak sosial ekonomi LaLiga di Spanyol. Rupanya, LaLiga menghasilkan 1,37 persen Produk Domestik Bruto (PDB) Spanyol.

PwC merilis laporan berjudul Finansial, Fiskal, dan Dampak Sosial dari Sepak Bola Profesional di Spanyol. Laportan itu disusun berdasarkan data yang diambil pada musim 2016-2017.

Hasil dari laporan tersebut menyimpulkan, lapangan pekerjaan meningkat 28 persen dibandingkan empat tahun sebelumnya. Selain itu, kontribusi fiskal meningkat 41 persen, sedangkan aktivitas finansial LaLiga meningkat dua kali lipat.

Baca Juga:

Jose Mourinho Ingin Balik ke Real Madrid, Solari Bawa-bawa Nama Julia Roberts

5 Pemain Tercepat di LaLiga, Tidak Ada Bale dan Dembele

Total penghasilan dari industri sepak bola Spanyol pada musim 2016-2017 sebesar 15,69 miliar euro. Hal itu berkontribusi 1,37 persen PDB Spanyol, yang artinya setiap eurp yang dihasilkan LaLiga berkontribusi 4,2 euro untuk ekonomi negara.

Pada musim 2016-2017, LaLiga memberikan lapangan pekerjaan kepada 185.000 pekerja atau 0,98 persen pekerja di Spanyol. Setiap satu pekerjaan di LaLiga, sama dengang empat pekerjaan baru di bidang lain.

Tidak cukup sampai di situ, penghasilan dari sektor lain juga masih cukup banyak. Sekitar empat miliar euro dari segi wisata olahraga LaLiga.

Banyak tempat makan, jasa transportasi, hotel, dan bar penuh karena LaLiga. Belum lagi tur stadion atau menonton pertandingan secara langsung yang juga menghasilkan uang.

Dari 800 orang yang mengikuti survei dari PwC, 79 persen partisipan menilai LaLiga membawa dampak positif untuk hubungan sosial. Selain itu, mereka pecaya sepak bola dapat menjadi ajang promosi Spanyol bersama olahraga lain seperti tenis atau MotoGP.

LaLiga Spanyol Breaking News
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan