BolaSkor.com - Tanpa sepak bola karena pandemi virus corona klub-klub tak memiliki pemasukan dari penjualan tiket, merchandise, atau hak siar televisi. Beberapa klub bahkan sudah mengambil sikap memotong gaji pemain demi dapat menjaga finansial tetap sehat.

Pada Jumat (10/04) tercatat ada total jumlah 1.603.719 kasus virus corona di dunia dengan angka 95.722 kematian dan 356.655 orang sembuh. Liga ditunda sampai batas waktu yang tak ditentukan menanti perkembangan virus corona.

Imbas dari pandemi virus corona menjalar ke berbagai hal mulai dari urusan ekonomi, jadwal yang tertunda, kontrak permain, penundaan turnamen besar selama setahun ke depan, hingga situasi di bursa transfer pemain.

Inflasi harga pemain diprediksi tidak akan terjadi di tahun ini karena efek virus corona saat ini dan juga ketika nanti berakhir. Bagi klub-klub besar Eropa dengan kekuatan finansial yang baik mereka masih dapat merekrut pemain top.

Baca Juga:

FIFA 20 dan PES 20 Jadi Pengusir Kerinduan Pemain akan Sepak Bola

Manchester United Bisa Manfaatkan Situasi Virus Corona untuk Rekrut Pemain Anyar

Presiden Persebaya Nilai Tiga Syarat Ini buat Klub dan Kompetisi Sehat Finansial di Tengah Pandemi Virus Corona

Akan tapi bagi klub-klub papan tengah menjual pemain andalan bisa jadi solusi untuk menjaga keuangan klub tetap dalam posisi stabil. Hal itu diprediksi oleh Ole Gunnar Solskjaer, manajer Man United.

"Sepak bola akan kembali normal pada satu titik, dan sangat penting kami siap ketika itu terjadi," ucap Solskjaer kepada Sky Sports dalam wawancara via panggilan video.

"Lalu, bursa transfer, siapa yang tahu bagaimana pasar akan bereaksi terhadap ini? Siapa yang tahu klub mana yang perlu menjual pemain? Mungkin ada situasi di sana yang dapat Anda eksploitasi dan saya tahu kami di Man Utd kami adalah satu dari yang terbesar, dan yang terbesar, kaya secara finansial," tutur dia.

"Saya yakin kami mampu (merekrut pemain), ketika kita semua kembali ke keadaan normal, kami dapat melakukan bisnis yang kami inginkan," tambah manajer asal Norwegia itu.

Menilik komentar Solskjaer tersebut BolaSkor.com akan memberikan prediksinya soal pemain-pemain andalan klub papan tengah yang berpeluang dijual di bursa transfer pemain. Siapa saja?

1. Ferran Torres - Valencia

Ferran Torres Valencia
Ferran Torres

Kontraknya berakhir pada 2021 dengan Valencia dan klub-klub Eropa terus memantau perkembangan pemain berusia 20 tahun ini. Ferran Torres sudah memiliki banderol 45 juta euro dan jumlah itu bisa meningkat setidaknya hingga 50-55 juta euro.

Berposisi sebagai penyerang sayap Ferran Torres punya kecepatan kala menyisir sisi sayap. Kelebihan lainnya adalah naluri mencetak gol dan visi hebat dalam membangun serangan.

2. Nabil Fekir - Real Betis

Nabil Fekir Real Betis
Nabil Fekir

Tinggal masalah waktu sebelum Nabil Fekir hengkang ke klub lain meski baru datang dari Real Betis pada 2019 lalu dari Olympique Lyonnais. Pada usia 26 tahun Fekir masih diminati oleh banyak klub-klub besar Eropa.

Pengemas 23 caps dan dua gol dengan timnas Prancis punya banderol 32 juta euro. Berposisi sebagai gelandang serang dan penyerang, plus pengalaman bermain, jadi nilai tambah bagi Nabil Fekir.

3. Ismaila Sarr - Watford

Ismaila Sarr Watford
Ismaila Sarr

Sadio Mane pernah memberi peringatan kepada klub-klub Premier League akan bahaya yang dapat diberikan Ismaila Sarr, kompatriotnya di timnas Senegal. Peringatan itu tidak salah. Malah Liverpool-nya Mane menjadi korban penampilan apik Sarr.

Penyerang sayap berusia 22 tahun mencetak dua gol ketika Watford menang 3-0 atas Liverpool dan jadi kekalahan pertama The Reds di Premier League musim ini. Banderol eks pemain Stade Rennais mencapai 25 juta euro saat ini.

4. Sandro Tonali - Brescia

Sandro Tonali Brescia
Sandro Tonali

Meski baru promosi ke Serie A Brescia cukup rawan degradasi musim ini. Apabila mereka degradasi dan terjadi pasca virus corona maka ada kans menjual pemain-pemain andalan dengan banderol tinggi. Selain Mario Balotelli ada juga Sandro Tonali.

Gelandang berusia 19 tahun menjadi komoditas panas di bursa transfer karena digadang-gadang sebagai suksesor Andrea Pirlo. Banderol pengemas tiga caps dengan timnas Italia mencapai 40-50 juta euro.

5. Ruslan Malinovskyi - Atalanta

Ruslan Malinovskyi Atalanta
Ruslan Malinovskyi

Atalanta memang memiliki stabilitas di bawah arahan Gian Piero Gasperini. Dalam dua musim beruntun mereka bertarung di papan atas dan musim ini bermain di Liga Champions. Akan tapi masih butuh waktu bagi Atalanta sebelum memiliki stabilitas jangka panjang dari segi keuangan.

Klub-klub besar Eropa bisa jadi mencomot pemain Atalanta. Dari banyaknya pemain-pemain andalan tim nama Ruslan Malinovskyi bisa jadi dijual Atalanta. Gelandang berusia 26 tahun memiliki talenta untuk jadi bintang di masa depan. Pemain incaran Chelsea punya banderol 20 juta euro.