BolaSkor.com - Kontrak Tokyo dengan Komite Olimpiade Internasional (IOC) membolehkan penitia menunda Olimpiade sampai akhir tahun. Demikian pernyataan Menteri untuk Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo Seiko Hashimoto. Peryataan ini keluar di tengah keprihatinan atas wabah virus corona yang memaksa IOC membatalkannya.

"Kontrak itu menyebutkan bahwa Olimpiade bisa digelar selama 2020. Itu bisa ditafsirkan memungkinkan untuk penundaan," kata Seiko Hashimoto menjawab pertanyaan parlemen dikutip dari Reuters.

Baca Juga:

Kemenpora Kembali Tanda Tangani MoU dengan Tiga Cabor Olimpiade 2020

Dapat Bantuan Dana untuk Olimpiade 2020, PABBSI Canangkan Medali Emas

Menurut kesepakatan ketuanrumahan itu, hal membatalkan Olimpiade ada di tangan IOC. Thomas Bach, presiden IOC, pekan lalu menyatakan organisasinya bertekad besar untuk menggelar Olimpiade Tokyo sesuai jadwal sekalipun terancam penyebaran virus corona.

Hashimoto menyatakan pemerintah Jepang dan Tokyo masih berkomitmen besar menjadi tuan rumah pesta olah raga yang sedianya dimulai 24 Juli.

"Kami sedang melakukan semua yang kami bisa untuk memastikan bahwa Olimpiade berlanjut sebagaimana sudah direncanakan," kata Hashimoto.

Sebelumnya IOC diwakili anggota senior Dick Pound, mengungkap Olimpiade bisa saja batal digelar. IOC akan menunggu hingga Mei, sambil mengamati apakah penyebaran virus corona menunjukkan penurunan berarti.