Dampak Virus Corona, Kemenpora Larang Atlet Indonesia Ikuti Kejuaraan di China

Andhika PutraAndhika Putra - Sabtu, 01 Februari 2020
Dampak Virus Corona, Kemenpora Larang Atlet Indonesia Ikuti Kejuaraan di China
Menpora Zainudin Amali.

BolaSkor.com - Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengeluarkan surat edaran yang melarang seluruh atlet Tanah Air mengikuti kompetisi di China, Jumat (31/1). Pemerintah berupaya memininalisir dampak virus corona yang mewabah di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Kemenpora mengambil tindakan berdasarkan keputusan Badan Kesehatan Dunia (WHO). Dalam keterangannya, WHO menyebut virus corona bermulai dari daerah Wuhan di China.

Surat larangan dari Kemenpora ditujukan kepada seluruh pengurus cabang olahraga dan ketua KONI seluruh provinsi.

Baca Juga:

Olimpiade 2020 dan Piala Afrika 2021, Dilema Besar Mohamed Salah di Liverpool

Jelang Olimpiade Tokyo 2020, Jepang Berperang Menghadapi Virus Corona

“Dengan hormat kami sampaikan kepada Saudara, bahwa Pemerintah Indonesia melalui Menteri Luar Negeri pada tanggal 28 Januari 2020 telah menerbitkan travel warning untuk kunjungan ke China dan demikian halnya dengan Dirjen WHO yang pada tanggal 30 Januari 2020 telah mengumumkan wabah virus corona yang awalnya berjangkit dari Wuhan, China telah menjadi darurat secara global," tulis bunyi surat tersebut.

Dalam surat yang dikeluarkan, Kemenpora menulis empat poin yang harus dilakukan para pengurus cabang olahraga yakni:

1. Kami menyampaikan apresiasi kepada para pimpinan cabang olahraga yang telah menunda, membatalkan dan merubah kegiatan partisipasi event internasional dan kegiatan try out serta training camp di China.

2. Sampai ada pemberitahuan resmi lebih lanjut dari Pemerintah atau pihak yang berwenang lainnya terkait situasi di China, kami menghimbau untuk tidak mengagendakan atau mengikuti program apapun yang dilaksanakan di China.

3. Induk organisasi cabang olahraga agar pro aktif berkoordinasi dengan International Federation (IF) terkait pembatalan keikutsertaan atlet dalam mengikuti kejuaraan di China, untuk menghindari dampak administratif sebagai konsekuensi dari pembatalan keikutsertaan.

4. Menyusun program/ agenda alternatif untuk pengganti kegiatan yang dibatalkan agar tidak mengganggu program latihan secara keseluruhan.

Breaking News Indonesia Virus Corona Kemenpora China
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.247

Bagikan