BolaSkor.com - Fenomena virus corona tengah meresahkan seluruh warga dunia, khususnya di negeri asal wabah virus menyebar: China. Dampaknya begitu besar hingga memengaruhi aspek lainnya, seperti sepak bola di Liga Super China dan sepak bola Asia.

Sebagaimana dilansir dari Goal, pertandingan Piala Super China antara Guangzhou Evergrande dengan Shanghai Shenhua, yang dijadwalkan dimulai pada 5 Februari 2020, akan ditunda. Pertandingan lain di ajang Liga Super China pada 22 Februari 2020 juga akan ditunda.

Penundaan dilakukan selagi menunggu Asosiasi Sepak Bola China yang akan berdiskusi dengan pihak berwenang setempat. Tidak hanya itu saja, laga Liga Champions Asia yang mempertemukan Shanghai SIPG dengan Buriram United pada 28 Januari 2020 juga berpotensi ditunda.

Baca Juga:

Cristiano Ronaldo Tolak Tawaran Klub China demi Gabung Juventus

Klub China Punya Aset Lebih Besar dari Real Madrid dan Manchester United

Tim medis tangani pasien pengidap virus corona

Pertandingan play-off itu ditunda karena Shanghai menjadi tuan rumah pada sistem leg. Belum diketahui lebih lanjut kapan laga tunda itu akan dimulai kembali. Bahkan, wabah virus corona juga mengubah jadwal pertandingan Kualifikasi Sepak Bola Wanita untuk Olimpiade 2020.

Pertandingan yang melibatkan Australia, Thailand, Taiwan, yang sedianya dimainkan pada awal Februari di Wuhan dipindahkan ke Nanjing. Seperti diketahui, Wuhan merupakan pusat penyebaran wabah virus corona.

Kota berpopulasi 11 juta pendudukan itu merupakan kota paling populer ketujuh di China, berlokasi di Ibu Kota Hubei, provinsi di pusat China. Wuhan, yang terkenal dengan Sungai Yangtze, memiliki klub sepak bola Wuhan Zall yang bermain di Liga Super China.

Sampai berita ini dibuat, sebanyak 26 orang meninggal, 800 orang terjangkit virus, dan lebih dari 1.000 kasus yang diduga terjadi karena virus corona. Efek penyebarannya begitu cepat hingga menyasar sampai ke Jepang, Singapura, Thailand, Korea Selatan, dan Amerika Serikat.

Pemerintah China kabarnya telah mengkaratina 41 juta penduduk di 13 kota untuk mencegah wabah virus corona menyebar lebih luas lagi.