BolaSkor.com - Pada usia 19 tahun, Daniel Arzani merupakan pemain termuda yang terdaftar dalam gelaran Piala Dunia 2018. Pemain Australia inipun berpeluang menjadi pemain termuda yang bermain di Rusia 2018 nanti.

Pencapaian Arzani terbilang luar biasa. Dibandingkan pemain belia lain, seperti Kylian Mbappe, Arzani tak banyak dikenal penggila sepak bola. Kini, nama Arzani menjadi perbincangan, khususnya di tanah Australia.

Apa yang diraih Arzani tak lepas dari sebuah pertanyaan yang dilontarkan kepala sekolahnya saat SMA. Ketika itu sang guru bertanya apa yang akan dilakukannya nanti. Arzani menjawab, dia ingin memakai jersey hijau dan emas, warna timnas Australia. Namun, Arzani menambahkan, dia juga ingin menjadi ahli bedah syaraf.

Sang kepala sekolah kemudiam menyarankan kepada Arzani untuk memusatkan perhatian pada satu hal saja, jangan mencoba keduanya. Dan, Arzani pun menetapkan pendiriannya dan memilih sepak bola.

"Ketika dia memberitahu kami, saya menangis. Saya menangis dan saya sangat bahagia," kata Sima, sang bunda.

"Dia selalu bermain bola. Rumah saya sangat kosong. Saya tak mau ada pigura atau hiasan di dinding karena dia dan saudaranya selalu bermain bola di dalam rumah," kenang Sima.

"Dia sudah memecahkan banyak gelas, banyak piring," tambah John, sang ayah.

Arzani diboyong keluarganya ke Australia dari Iran saat berusia tujuh tahun. Awal tahun ini, Daniel Arzani sempat didekati Iran untuk membela timnas mereka. Namun, Arzani memilih membela negaranya saat ini.

"Saya sangat senang pindah ke Australia. Kami mencintai Australia," ujar John.

Karier Arzani di sepak bola dimulai saat terpilih dalam tim Institut Olahraga Australia saat usia 13 tahun. Selang tiga tahun kemudian, dia pun bergabung dengan timnas U-20.

Kini, Arzani berharap Bert van Marwijk memberi kesempatan kepadanya untuk tampil di Rusia. Paling tidak untuk memastikan pilihannya menjadi pesepak bola ketimbang ahli bedah tak salah.

Pemain Termuda di Piala Dunia 2018

Daniel Arzarni (Australia) 19 tahun, 5 bulan

Kylian Mbappe (Prancis) 19 tahun, 5 bulan (1 5hari lebih tua)

Francis Uzoho (Nigeria) 19 tahun, 7 bulan