BolaSkor.com - Manchester United bergerak cepat merampungkan transfer di bursa transfer musim panas 2019. Mereka berhasil mendatangkan pemain dari klub Championship, Swansea City. Dia adalah pemain berusia 21 tahun, Daniel James.

Dikonfirmasi laman resmi Man United, Red Devils mencapai kata sepakat dengan Swansea dan James untuk proses transfer tersebut. Man United dikabarkan mengeluarkan uang 15 juta poundsterling untuk memboyongnya ke Old Trafford.

"Manchester United dengan senang hati mengumumkan adanya kesepakatan, secara prinsip, baik dengan Swansea City dan Daniel James untuk transfernya ke klub," demikian pernyataan resmi di situs resmi Manchester United.

James, sebelumnya, nyaris pergi ke Leeds United pada Januari 2019 seharga 8,5 juta poundsterling. Namun, Swansea menarik mundur dari negosiasi itu karena masih membutuhkan servisnya, plus harga tersebut relatif murah untuk pemain yang menjanjikan seperti James.

Baca Juga:

Bintang Manchester United Ditawarkan ke Inter Milan

Ditolak Matthijs de Ligt, Manchester United Alihkan Target ke Harry Maguire

Latih Man United, Solskjaer Baru Menyadari Kenyataan Tidak seperti Football Manager

Daniel James

"Dia (James) hampir bergabung dengan Leeds United pada harga 8,5 juta poundsterling Januari lalu. Kontraknya masih tersisa setahun dengan Swansea. Banyak klub Premier League yang tertarik dengannya," ucap reporter Sky Sports, Kaveh Solhekol di @SkyKaveh.

Tentu saja cukup berisiko membeli pemain seperti James. Kendati berkualitas dan punya potensi bermain, James masih minim pengalaman memperkuat klub besar atau bermain di panggung seketat Premier League.

Membelinya bisa jadi perjudian seperti Wilfried Zaha di tahun 2013. Sama persis seperti James, yang digadang-gadang 'hal besar' berikutnya, Zaha juga demikian kala itu.

Akan tapi, pada akhirnya setelah dipinjamkan ke Crystal Palace dan Cardiff City, United menjualnya kembali ke Palace pada 2015.

Keputusan Man United membeli dan menjualnya bisa jadi prematur - terkesan tidak sabaran. Pasalnya, Zaha saat ini jadi pemain yang lebih dewasa bersama Palace dan diminati oleh klub-klub besar Premier League.

James tentu saja berbeda dengan Zaha. United bisa jadi berjudi membelinya. Jika sukses, harga 15 juta poundsterling bisa jadi bisnis yang baik. Akan tapi jika gagal juga tidak menjadi masalah, karier James masih panjang.

"Saya mendukung penuh Manchester United merekrut pemain Swansea, Daniel James. Cepat, muda, dan akan dibutuhkan untuk membuktikan kelayakannya dan bertarung merebutkan tempat," tutur Liam Canning, pemerhati sepak bola Inggris.

"Bagaimana semestinya terjadi. Tidak dijamin (sukses), tapi untuk 15 juta poundsterling, bisa jadi bisnis yang bagus."

Kehadiran James boleh jadi justru memicu semangat bermain pemain-pemain senior United di lini depan yang tampil inkonsisten sejauh ini. Fans juga diprediksi akan menyambutnya dengan positif karena dia berasal dari Wales, negara asal sang legenda, Ryan Giggs.