BolaSkor.com - Cedera yang dialami Joan Mir membuatnya harus absen di MotoGP Thailand, Minggu (2/10) mendatang. Suzuki akhirnya menunjuk mantan pembalap MotoGP, Danilo Petrucci untuk menggantikannya.

Seperti diketahui sebelumnya, Joan Mir sempat terlibat kecelakaan saat menjalani MotoGP Austria pada Minggu (21/8) lalu. Akibat kecelakaan tersebut, pembalap asal Spanyol itu harus absen di MotoGP San Marino.

Sebenarnya Mir sempat dinyatakan fit jelang MotoGP Aragon. Peraih gelar juara musim 2021 ini bahkan sempat menjalani sesi latihan bebas. Sayangnya Mir terpaksa mundur kembali karena merasakan sakit.

Kondisi ini memaksa Suzuki mencari pembalap pengganti. Akhirnya tim yang bermarkas di Hamamatsu, Jepang ini memutuskan memboyong Petrucci untuk mengisi slot yang ditinggalkan Mir.

“Harus saya katakan, saya senang bisa mendapatkan kesempatan balapan di Thailand bersama Suzuki Ecstar. Saya ingin berterima kasih kepada mereka karena memberikan peluang luar biasa ini. Saya juga berterima kasih kepada Ducati dan timnya karena memperbolehkan saya menerima tawaran ini,” ujar pembalap berjuluk Petrux ini, dikutip dari speedweek.com.

“Saya tidak sabar untuk mengendarai Suzuki GSX-RR dan mencobanya. Motornya terlihat cepat dan kita tahu itu merupakan motor pemenang. Saya ingin cepat-cepat bekerja bersama kru Suzuki sebagaimana saya mengetahui mereka untuk waktu yang lama. Kita memiliki hubungan baik,” tambah pembalap berumur 31 tahun ini.

Saar disinggung mengenai balapan nanti, Petrucci mengaku berpikir realistis. Mantan pembalap KTM ini tidak ingin terlalu jemawa dan berekspetasi tinggi.

“Saya tahu ini tidak akan mudah, jadi saya tidak ingin berekspetasi tinggi. Saya hanya ingin menikmatinya. Saya juga merupakan salah satu pembalap yang pindah dari MotoGP ke Dakar, lalu ganti lagi ke Superbike, dan kembali ke MotoGP,” kata Petrucci.

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya Petrucci menerima tawaran dari Suzuki untuk menggantikan posisi Mir. Sebelumnya Suzuki juga sempat menunjuk pembalap asal Italia itu untuk turun di MotoGP San Marino. Namun Petruccimenolaknya karena ingin fokus menjalani final MotoAmerica.

Penulis: Bintang Rahmat