BolaSkor.com - Direktur Teknik PSSI, Danurwindo, tampak yakni bahwa skuat Timnas Indonesia U-19 yang diproyeksikan untuk Piala Dunia U-20 2021 akan banyak berkembang. Danurwindo terkesan dengan pelatihan yang diberikan manajer pelatih Shin Tae-yong dan pelatih Gong Oh-kyun.

Sebagai sosok baru, Danurwindo menilai bahwa Shin Tae-yong dan Gong Oh-kyun, termasuk nama lain dari Korea Selatan merupakan orang yang tepat. Apalagi Shin Tae-yong pernah memimpin Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

Adapun Gong Oh Kyun pernah dipernah memimpin Timnas Korea Selatan di Piala Dunia U-20. Ia membawa negaranya menjadi runner-up di Polandia.

"Shin dan Gong adalah dua pelatih yang sama-sama turun dan merasakan atmosfer Piala Dunia. Pengaruhnya untuk tim sangat besar. Mereka memiliki pengalaman bagaimana menghadapi tim dunia. Jadi, memang pelatih seperti ini yang kita butuhkan," kata Danurwindo dikutip dari laman PSSI.

Baca Juga:

Shin Tae-yong Tak Mau Komentari Jack Brown

Shin Tae-yong Kritik Stadion Wibawa Mukti, PSSI Siap Cari Lapangan Terbaik untuk Latihan Timnas Indonesia

Apa yang dirancang Shin Tae-yong dan Gong Oh-kyun juga dinilai tepat. Skill dan kecepatan perlu ditopang oleh fisik yang kuat.

"Dalam sepak bola modern dibutuhkan kekuatan fisik untuk bisa bermain stabil dari menit awal sampai akhir. Shin dan Gong akan membangun tim untuk bisa bermain tempo tinggi baik dalam bertahan, transisi ataupun menyerang. Pemain Indonesia juga akan dilatih untuk lebih berani bertarung."

Praktek kedua nama itu juga menjadi pelajaran penting bagi pelatih Indonesia yang masuk tim kepelatihan, seperti Indra Sjafri, Nova Arianto. "Mereka akan banyak mendapatkan ilmu baru."

Sementara itu, Shin tae-yong dan Gong akan terus menguji pemain hingga Jumat (17/1). Sebanyak 30 pemain akan dipilih sebelum dibawa ke Thailand untuk pemusatan latihan. Fokus Shin Tae-yong di tahap berikutnya termasuk memperbaiki kekurangan.

"Pertama kali yang saya lihat adalah kemampuan masing-masing pemain dan memang pastinya dilihat juga pengorbanan diri dan daya juang mereka di lapangan. Itu yang akan terus dilihat dan dipantau hingga Jumat nanti," ujar Shin Tae-yong.

"Saat ini belum bisa saya terapkan (filosofi), namun saya memang suka permainan sepak bola praktis maksudnya, dengan mengandalkan umpan-umpan pendek dengan sesekali long pass. Tim juga harus bisa membuat pertandingan selalu menang dan sampai TC Thailand pun akan siap-siap untuk perbaiki itu semua yang ada saat ini secara perlahan-lahan."