Dari De Ligt hingga Maguire, Bek-bek Jadi Selebriti di Bursa Transfer Musim Panas 2019

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 06 Agustus 2019
Dari De Ligt hingga Maguire, Bek-bek Jadi Selebriti di Bursa Transfer Musim Panas 2019
Ole Gunnar Solskjaer dan Harry Maguire (@HarryMaguire93)

BolaSkor.com - Selebriti atau bintang utama di bursa transfer musim panas ini bukan kiper, gelandang, atau penyerang, melainkan posisi dengan peran menjaga pertahanan tim: bek. Tidak main-main, banderol mereka sangatlah besar.

Beberapa contoh dari transfer besar pada posisi bek adalah: Eder Militao, Lucas Hernandez, Matthijs de Ligt, dan Harry Maguire. Dari keempat pemain itu saja sudah menghabiskan kurang lebihnya di atas 200 juta euro.

Bahkan jika dikulik dari tahun lalu, rekor transfer bek termahal dunia dipecahkan Liverpool ketika merekrut Virgil van Dijk dari Southampton sebesar 75 juta poundsterling atau 81 juta euro. Rekor itu pecah tahun ini.

Baru ini, Manchester United membantu Liverpool melepaskan beban dari banderol Van Dijk ketika memboyong bek timnas Inggris, Harry Maguire, dari Leicester City sebesar 80 juta poundsterling atau 86 juta euro.

Baca Juga:

6 Fakta Menarik Harry Maguire yang Jarang Diketahui

Alasan Matthijs de Ligt Pilih Juventus ketimbang Barcelona, Man Utd, atau PSG

Lucas Hernandez, Si Raja Tekel dari Tanah Matador

Harry Maguire

Maguire, 26 tahun, menjadi bek termahal dunia saat ini dan menjadi akhir cerita indah perjuangan United dalam merekrutnya. Maguire menambah ketatnya persaingan di posisi bek tengah United yang sudah memiliki Victor Lindelof, Axel Tuanzebe, Eric Bailly, Marcos Rojo, Phil Jones, dan Chris Smalling.

Akan tapi sebelum Maguire berlabuh ke Old Trafford, Juventus sudah terlebih dahulu merekrut De Ligt dari Ajax Amsterdam sebesar 75 juta euro, plus variabel lainnya hingga 10,5 juta euro.

Bek tengah asal Belanda berusia 19 tahun itu menjadi komoditas panas di bursa transfer musim panas 2019. Barcelona dan PSG sempat dihubungkan dengan De Ligt sebelum kapten Ajax itu memilih Bianconeri sebagai klub barunya.

De Ligt akan disiapkan untuk jadi suksesor Giorgio Chiellini serta pesaing kompetitif bagi Leonardo Bonucci, Daniele Rugani, dan Merih Demiral.

Matthijs de Ligt

"De Ligt pemain fenomenal dan kepergiannya tak terhindarkan, kami tahu beberapa waktu lalu hal itu akan jadi kenyataan dan sekarang benar terjadi. Kami harus menemukan penggantinya," ucap Erik ten Hag, pelatih Ajax, menyikapi kepergian De Ligt.

Selain De Ligt dan Maguire yang menyita perhatian, sebelumnya Bayern Munchen juga mengejutkan publik dengan keberanian mereka menebus klausul pembelian Lucas sebesar 80 juta euro. Pasalnya kala dibeli Lucas dalam kondisi cedera.

Uli Hoeness, Presiden Bayern, berucap bahwa manajemen tengah meregenerasi skuat klub. Lucas, yang baru berusia 23 tahun, menjadi salah satu bagian dalam proyek itu bersama kompatriotnya, Benjamin Pavard.

Lucas Hernandez

De Ligt, Maguire, Lucas, menjadi bukti betapa populernya posisi bek di bursa transfer musim panas ini. Harga mereka semakin tinggi karena pengaruh inflasi harga pemain.

Berikut bek-bek termahal yang ditransfer pada tahun 2019 (sejauh ini, dikutip dari Marca):

- Harry Maguire (Manchester United): 86 juta euro
- Lucas Hernandez (Bayern Munchen): 80 juta euro
- Matthijs de Ligt (Juventus): 75 juta euro
- Aaron Wan-Bissaka (Manchester United): 54 juta euro
- Eder Militao (Real Madrid): 50 juta euro
- Kostas Manolas (Napoli): 36 juta euro
- Benjamin Pavard (Bayern Munchen): 35 juta euro
- Abdou Diallo (PSG): 31 juta euro
- Mats Hummels (Borussia Dortmund): 30 juta euro
- Christian Romero (Juventus): 26 juta euro

Breaking News Bursa transfer Manchester United Juventus Bayern munchen Bek Matthijs de Ligt Harry Maguire Lucas Hernandez
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.168

Bagikan