BolaSkor.com - Komite Disiplin AFC mengeluarkan keputusan lewat sidang 31 Mei dan 1 Juni. Sebanyak 86 keputusan dikeluarkan, di mana lima diantaranya berkaitan dengan Persija Jakarta.

Keputusan berupa hukuman kepada Persija dan dua pemain tertera dalam poin nomor 76, 82, 83, 84, dan 85. Keputusan dalam poin nomor 82 berupa hukuman untuk Daryono, sementara poin 83 untuk Ivan Carlos, yang tercatat sebagai penggawa Macan Kemayoran sebelum dilepas.

Daryono mendapat hukuman berat karena protes yang dilakukan ketika Persija Jakarta menjamu Home United di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 15 Mei, dalam Piala AFC 2018. Sebagai pemain di bangku cadangan, ia mendapat kartu merah dan sikap buruk ditunjukkan ketika menuju ruang ganti. Daryono memukul bench ofisial keempat dan membuka bajunya.

Daryono dihukum larangan bermain enam bulan karena dianggap melanggar Pasal 47 Kode Disiplin dan Kode Etik. Itu berlaku sejak 4 Juni sampai 3 Desember. Selain itu, ia didenda 5.000 Dolar Amerika Serikat atau sekitar 69 juta rupiah.

"Denda harus diselesaikan dalam waktu 30 hari sejak tanggal keputusan ini dikomunikasikan sesuai Pasal 11.3 Kode Etik. Saudara Daryono juga diberitahu bahwa pelanggaran berulang terhadap ketentuan akan dijatuhi hukuman lebih berat," tulis dalam rilis AFC per 5 Juni.

Sementara Ivan Carlos dihukum larangan bermain enam pertandingan. Ia dianggap melanggar Pasal 50 Kode Disiplin dan Kode Etik karena dirasa memperkeruh setelah menantang wasit dan menekan ofisial keempat. Padahal, Ivan Carlos tak masuk skuat.

Ivan Carlos juga didenda 5.000 dolar Amerika Serikat. Sama seperti Daryono, denda harus diselesaikan dalam waktu 30 hari.

(Selanjutnya: Hukuman untuk Persija)