Data dan Fakta Grand Prix Tuscan di Sirkuit Mugello

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 12 September 2020
Data dan Fakta Grand Prix Tuscan di Sirkuit Mugello
Sirkuit Mugello (twitter)

BolaSkor.com - Persaingan Formula 1 (F1) 2020 masih panas. Ketatnya persaingan kini berlanjut di Grand Prix Tuscan berlangsung untuk pertama kali di Sirkuit Mugello.

Sirkuit yang biasa menggelar ajang MotoGP, dipilih untuk melangsungkan F1 karena pandemi Covid-19 membuat banyak seri dibatalkan sehingga jadwal lowong.

Pada balapan nanti, pembalap Mercedes sekaligus pimpinan klasemen Lewis Hamilton coba bangkit dan menebus kesalahan pada GP Italia di Monza akhir pekan lalu. Ketika itu Hamilton terkena penalti 10 detik setelah coba masuk pit yang sedang ditutup.

Baca Juga:

Masih Cinta F1, Sebastian Vettel Resmi Gabung Aston Martin

Pierre Gasly Merasa Siap Kembali ke Red Bull Racing

Berikut data dan fakta Grand Prix Tuscan yang akan digelar di Sirkuit Mugello, Italia, sebagai balapan kesembilan di kalender musim 2020:

- Jarak satu putaran: 5,245km

- Jarak total balapan: 309,455km (59 lap)

- Balapan di Mugello akan menandai Grand Prix ke-1000 bagi Ferrari sejak tim asal Italia itu turun pertama kali di Monako pada 1950.

- Mugello, sirkuit yang dimiliki oleh Ferrari, belum pernah menjadi tuan rumah grand prix Formula 1 sebelumnya, kendati tim dan pembalap sempat menjalani sesi tes ofisial di sirkuit itu pada 2012.

- Mugello menjadi sirkuit keempat di Italia yang pernah masuk di kalender F1 setelah Monza, Imola dan Pescara.

- Sirkuit yang terletak di pegunungan Tuscan dekat Florence itu memiliki 14 tikungan, dan satu lintasan lurus panjang. Mugello selama ini langganan menggelar MotoGP Italia.

- Lewis Hamilton saat ini mengemas 89 kemenangan dari 258 start sepanjang kariernya dan terpaut dua kemenangan dari rekor sepanjang masa yang dipegang Michael Schumacher. Sebastian Vettel menjadi pembalap dengan jumlah kemenangan terbanyak setelah pebalap Inggris itu yaitu 53.

- Hamilton memenangi lima dari delapan balapan sejauh ini pada 2020; enam di antaranya dimenangi Mercedes. Pembalap Red Bull Max Verstappen dan pebalap AlphaTauri Pierre Gasly menjadi dua pemenang lainnya musim ini, keduanya menggunakan mobil yang ditenagai mesin Honda.

- Ferrari telah memenangi 238 balapan sejak 1950, McLaren 182, Williams 114, Mercedes 108, dan Red Bull 63. Mantan juara dunia McLaren dan Williams belum pernah menang balapan lagi sejak 2012.

- Hamilton memegang rekor pole position terbanyak yaitu 94 kali.

- Mercedes telah start dari posisi terdepan sepanjang musim ini.

- Hamilton memiliki rekor 157 finis podium

- Hamilton juga selalu finis dengan poin di 41 balapan terakhirnya. Saat ini ia memimpin klasemen sementara dengan keunggulan 47 poin dari rival terdekatnya yang juga rekan satu tim Valtteri Bottas.

- Capaian 164 poin Hamilton saat ini bahkan lebih banyak dari raihan poin Red Bull sebagai tim .

- Semua tim kecuali Williams belum mencetak poin musim ini.

F1 Sirkuit Mugello Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.078

Bagikan