Data dan Prediksi Juara Liga Champions: Man City Favorit, Kans MU di Bawah 1 Persen

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 16 Februari 2022
Data dan Prediksi Juara Liga Champions: Man City Favorit, Kans MU di Bawah 1 Persen
Manchester City (Twitter)

BolaSkor.com - Liga Champions 2021-2022 telah memasuki fase gugur pada 16 besar. Klub-klub favorit serta kuda hitam juara sudah mulai terlihat di fase gugur yang kini menerapkan aturan baru tanpa agregat gol kandang-tandang.

16 tim itu adalah PSG, Real Madrid, Sporting Lisbon, Manchester City, RB Salzburg, Bayern Munchen, Inter Milan, Liverpool, Chelsea, Lille, Villarreal, Juventus, Atletico Madrid, Manchester United, Benfica, dan Ajax Amsterdam.

Final nantinya akan berlangsung di Saint Petersburg, Rusia pada Mei 2022. Chelsea adalah juara bertahan yang akan bertemu Lille di 16 besar, sementara pertemuan antara dua tim besar terjadi antara Madrid kontra PSG, Inter Milan kontra Liverpool, serta Atletico Madrid melawan Man United.

Prediksi-prediksi telah bermunculan tak terkecuali dari grup penyedia data FiveThirtyEight. Menurut FiveThirtyEight finalis musim lalu, Man City menjadi favorit juara musim ini sementara rival sekota mereka Man United punya persentase di bawah satu persen untuk memenangi Liga Champions.

Baca Juga:

Sederet Fakta Menarik Laga Inter Vs Liverpool, Reuni Beberapa Pemain

Inter Milan Vs Liverpool: Rekor Mentereng Mo Salah

Liga Champions 2021-2022: Menanti Efek Penghapusan Aturan Gol Tandang

FiveThirtyEight memiliki formula mereka sendiri dalam memberikan prediksinya, seperti data yang diambil dari rating Soccer Power Index (SP1) yang merekan kekuatan tim-tim secara garis besar.

Setiap tim punya nilai serangan berdasarkan seberapa banyak gol yang diprediksi terjadi melawan tim netral, serta rating bertahan seberapa banyak tim kira-kira kebobolan.

Man United dinilai tidak akan bisa melewati hadangan Atletico arahan Diego Simeone, namun jikalaupun lolos tim arahan Ralf Rangnick tak punya banyak kans lolos melewati perempat final.

Sedangkan City punya 25 persen kesempatan menjuarai Liga Champions untuk kali pertama setelah mencapai final musim lalu (kalah 0-1 dari Chelsea). Lalu untuk dua tim dengan peluang besar juara setelah City adalah Bayern Munchen dan Liverpool.

Uniknya, favorit juara keempat datang dari kuda hitam dari Eredivisie Belanda, Ajax Amsterdam. Ajax asuhan Erik ten Hag akan melawan Benfica di 16 besar dan menjadi favorit (13 persen kans juara) meski tak pernah menjuarai Liga Champions sejak 1995.

Juara bertahan, Chelsea punya 90 persen kans melewati hadangan Lille di 16 besar, tapi mereka punya persentase kurang dari 50 persen untuk mencapai fase semifinal.

Berikut prediksi dan data dari FiveThirtyEight:

Breaking News Liga Champions Manchester City Manchester United Chelsea Liverpool
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan