David De Gea dan Rekor Penalti yang Buruk

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Kamis, 27 Mei 2021
David De Gea dan Rekor Penalti yang Buruk
David De Gea (Twitter)

BolaSkor.com - David De Gea menjadi biang kerok kegagalan Manchester United menjuarai Liga Europa 2020-2021. Kiper berkebangsaan Spanyol itu menjadi satu-satunya pemain yang gagal mencetak gol dalam babak adu penalti.

Dalam laga final yang berlangsung di Stadion Miejski, Kamis (27/5) dini hari WIB, Manchester United dan Villarreal bermain imbang 1-1 hingga babak perpanjangan waktu. Gelar juara terpaksa ditentukan melalui babak tos-tosan.

Villarreal unggul lebih dulu lewat gol Gerard Moreno pada menit ke-29. Manchester United kemudian menyamakan kedudukan di awal babak kedua melalui sontekan Edinson Cavani.

Baca Juga:

Final Liga Europa 2020-2021: Lewat Adu Penalti, Villarreal Taklukkan Man United

8 Fakta Menarik dari Kesuksesan Villarreal Juara Liga Europa 2020-2021

Ambisi Solskjaer Dihadang Raja Liga Europa, Unai Emery

David De Gea ditenangkan rekan setimnya usai gagal mengeksekusi penalti.

Pada babak adu penalti, Villarreal dan Manchester United tampak sudah menyiapkan para algojonya dengan matang. Terbukti sepuluh pemain lapangan kedua tim sukses menjalankan tugasnya dengan baik.

Pada kesempatan kesebelas, duel kedua kiper pun tersaji. Geronimo Rulli membuktikan diri memiliki kekuatan mental yang lebih baik ketimbang De Gea.

Kiper berkebangsaan Argentina tersebut sukses mencetak gol. Rulli kemudian menepis tembakan De Gea untuk memastikan kemenangan Villarreal.

Rekor Penalti De Gea

Kegagalan De Gea dalam mengeksekusi penalti merupakan hal yang wajar. Seorang kiper memang tidak dilatih untuk menjalankan tugas ini.

Namun yang menjadi sorotan adalah performa De Gea dalam menghalau tembakan-tembakan lawan. Pemain berusia 30 tahun itu memperpanjang rekor buruknya dalam situasi tendangan penalti.

Dalam laga final, De Gea sebenarnya mampu menebak arah bola dari lima penendang Villarreal. Namun tak satu pun yang berhasil ditepisnya keluar gawang.

Rekor De Gea dalam mengantisipasi penalti memang cukup buruk. Ia selalu kebobolan dari 25 kesempatan terakhir bersama Manchester United.

Tendangan penalti terakhir yang digagalkan De Gea bersama Manchester United.

De Gea terakhir kali menggagalkan sepakan penalti dengan seragam Manchester United terjadi pada semifinal Piala FA 2015-2016. Ketika itu ia sukses menepis tendangan Romelu Lukaku.

Hal ini seolah mengingatkan publik dengan momen tersingkirnya Timnas Spanyol dari babak 16 besar Piala Dunia 2018. Ketika itu La Furia Roja disingkirkan Rusia juga lewat drama adu penalti.

De Gea yang tampil mengawal gawang Spanyol tak mampu menghalau satu pun dari lima penalti pemain Rusia. Ia juga dibobol Sergei Ignashevich lewat situasi yang sama di waktu normal.

Mantan penyerang Manchester United, Dion Dublin juga mengkritik performa De Gea di babak adu penalti. Ia menilai sang kiper terlihat tak percaya diri mampu menggagalkan tembakan lawan.

"Tidak ada keyakinan di dalam diri David de Gea dan tidak ada kecepatan dalam upayanya," kata Dublin dilansir dari BBC.

Hal yang sama juga diungkapkan Paul Scholes. Ia juga menyinggung kutukan adu penalti yang kerap menghantui tim-tim Inggris.

"Begitu Anda mendapatkan penalti, apa pun bisa terjadi. Namun saya harus mengatakan, David tidak terlihat seperti bia menyelamatkan penalti.," kata Scholes kepada BT Sport.

“Mereka juga sedikit beruntung dengan penalti Luke Shaw. Ini malam yang sulit, tapi berikan pujian kepada Villarreal."

David De Gea Manchester United Liga Europa Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan