De Gea Dianggap Bertanggung Jawab Kirim MU ke Liga Europa

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Rabu, 09 Desember 2020
De Gea Dianggap Bertanggung Jawab Kirim MU ke Liga Europa
David De Gea (Twitter)

BolaSkor.com - David De Gea tak luput dari kritik setelah Manchester United takluk 2-3 atas RB Leipzig pada matchday terakhir grup H Liga Champions 2020-2021. Kiper berkebangsaan Spanyol dianggap bertanggung jawab terkait gol ketiga lawan.

Dalam laga yang berlangsung di Red Bull Arena, Rabu (9/12) dini hari WIB, De Gea memang kembali turun mengawal gawang Manchester United. Ia sudah pulih dari cedera yang membuatnya absen saat bersua West Ham United, akhir pekan lalu.

Pengalaman De Gea memang dibutuhkan Manchester United untuk setidaknya mencuri satu poin di kandang Leipzig. Setan Merah memang hanya butuh hasil imbang untuk memastikan diri lolos ke fase gugur.

Baca Juga:

Hasil Laga-laga Liga Champions: MU Tersungkur di Jerman, Chelsea Imbang

Pemain Pinjaman Manchester City Kirim MU ke Liga Europa

Mantan Asisten Mourinho Panaskan Atmosfer Jelang Derby Manchester

Proses gol ketiga Leipzig yang dicetak Justin Kluivert.

Sayang, De Gea gagal mengemban tanggung jawab tersebut. Ia tak bisa mencegah tiga gol bersarang ke gawangnya.

Dua gol awal memang tak sepenuhnya salah De Gea. Namun pemain berusia 30 tahun itu pantas disalahkan untuk gol ketiga.

Gol ketiga Leipzig tercipta pada menit ke-69 lewat sontekan Justin Kluivert. Namun hal ini tak perlu terjadi andai komunikasi Harry Maguire dan De Gea berjalan baik saat mengantisipasi umpan silang.

Banyak orang menilai gol tersebut merupakan kesalahan Maguire. Namun Paul Scholes selaku legenda Manchester United justru menunjuk De Gea sebagai biang kerok.

"David de Gea memasukkannya (gol ketiga), dia takut dirinya terluka," kata Scholes kepada BT Sport. '

"Umpan silang tersebut seharusnya tidak melewati kotak penalti seperti itu. Sebagai seorang penjaga gawang, keluarlah dan jadikan diri Anda sebesar yang Anda bisa."

Respons De Gea memang terlihat agak lambat dalam memotong umpan silang tersebut. Padahal maguire sudah melepas bolanya untuk ditangkap.

De Gea kemudian juga membuang muka saat menahan sontekan Kluivert. Hal inilah yang membuat Scholes geram.

"Wajahnya mungkin akan hancur dan terluka, tapi dia (de Gea) memalingkan muka. Dia benar-benar membuat dirinya lebih kecil, yang merupakan kejahatan bagi kiper berpengalaman sepertinya," tambah Scholes.

Terlepas dari kesalahan itu, performa De Gea pada awal musim ini memang cukup mengkhawatirkan. Meski minim melakukan blunder, tapi ia sudah kebobolan 24 kali dari 14 laga.

Statistik tersebut seolah menjadi alarm bahaya bagi De Gea. Jika tak kunjung membaik, ia bisa kapan saja digeser Dean Henderson.

David De Gea Manchester United Liga Champions RB Leipzig Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan