Debut bersama Persebaya, Eks Timnas U-16 Sempat Kaget dan Nervous

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 08 Februari 2022
Debut bersama Persebaya, Eks Timnas U-16 Sempat Kaget dan Nervous
Ruy Arianto tampil sebagai starter saat Persebaya melawan Persipura. (LIB)

BolaSkor.com - Mantan pemain Timnas Indonesia U-16, Ruy Arianto menjalani debut profesional bersama Persebaya Surabaya. Dia menjadi debutan kelima di Persebaya musim ini pada usia 17 tahun 6 bulan 29 hari.

Ruy Arianto mengisi posisi Taisei Marukawa pada laga melawan Persipura Jayapura di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali (6/2) kemarin. Marukawa sendiri absen lantaran dinyatakan positif COVID-19 versi PT Liga Indonesia Baru.

Tentu bukan tugas yang mudah bagi Ruy untuk menggantikan peran Marukawa yang telah menyumbangkan 12 gol dan enam assist dari 21 penampilan. Maklum, Ruy sempat menepi cukup lama dari lapangan hijau akibat cedera ACL saat mengikuti pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-16. Alhasil, Ruy mengaku gugup saat pertama kali menginjakkan kaki di lapangan pertandingan.

Baca Juga:

Hasil Liga 1: Borneo FC Gebuk TIRA-Persikabo 2-0

Adixi Lenzivio Siap Ambil Tanggung Jawab Andritany Ardhiyasa di Persija

“Jujur saya nervous, begitu menginjak lapangan pun masih tidak percaya bisa debut di usia muda. Dari sejak meeting sebelum laga dan ditunjuk jadi starter, saya kaget. Tapi saya harus melawan ketakutan,” ungkap Ruy.

Kendati demikian, tekanan yang cukup besar tersebut mampu dibayar dengan penampilan apik oleh Ruy. Selama bermain 45 menit, jebolan tim EPA Persebaya U-16 tersebut, dari dua tendangan ke gawang Persipura yang dikawal Fitrul Dwi Rustapa satu diantaranya tepat sasaran.

Ruy Arianto mampu menjadi salah satu motor serangan Persebaya melancarkan tekanan ke jantung pertahanan Persipura. Pergerakan pemain bernomor punggung 77 tersebut cukup licin hingga membuat pemain Mutiara hitam, julukan Persipura, dua kali menjatuhkannya.

Faktor pengalaman bertanding di level atas berbicara pada laga tersebut. Ruy menutup laga debut dengan kekalahan Persebaya 0-2 atas Persipura.

“Saya meminta maaf kepada pendukung Persebaya, karena gagal membawa kemenangan. Tapi saya berjanji terus memperbaiki diri agar lebih baik di masa depan,” pungkas pemain yang mengidolakan Irfan Jaya itu. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Ruy Arianto Persebaya surabaya Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan