BolaSkor.com - Tim nasional Spanyol meraih kemenangan 2-1 melawan Italia pada semifinal UEFA Nations League 2021, di Stadion San Siro, Kamis (7/10) dini hari WIB. Pada duel itu, gelandang La Furia Roja, Gavi, mencuri perhatian.

Pelatih tim nasional Spanyol Luis Enrique, membuat kejutan dengan memanggil Gavi untuk berlaga di UEFA Nations League. Pemanggilan itu mengundang kontroversi karena Spanyol dianggap memiliki gelandang lain dengan kualitas lebih baik.

Meski demikian, Enrique tetap bergeming. Bahkan, ia menurunkan Gavi sejak menit pertama.

Baca Juga:

Italia 1-2 Spanyol: La Furia Roja Balaskan Dendam dan Melangkah ke Final

UEFA Nations League: Reputasi Italia Tak Ciutkan Nyali Luis Enrique

UEFA Nations League: Mancini Akui Level Spanyol di Atas Italia

Menggunakan nomor punggung 9, penampilan Gavi tidak mengecewakan. Ia tercatat sebagai pemain termuda yang mencatatkan debut di tim nasional Spanyol. Gavi berusia 17 tahun 62 hari.

Gelandang Barcelona itu mengalahkan pemegang rekor sebelumnya, Angel Zubieta, yang berusia 17 tahun 284 hari ketika melakukan debut di Spanyol pada 1936.

Selain itu, Gavi juga melampaui dua pemain Barca lainnya yakni Pedri dan Ansu Fati. Jika Pedri bermain pertama kali untuk Spanyol pada usia 18 tahun 120 hari, Ansu Fati mencatatkannya pada 17 tahun 308 hari.

Gavi mendapatkan kesempatan bermain hingga menit ke-83. Ia kemudian digantikan pemain Barcelona lainnya, Sergi Roberto.

Secara keseluruhan, Luis Enrique puas dengan penampilan Gavi. Ia senang bisa memberikan kesempatan Gavi bertanding melawan idolanya, Marco Verratti.

"Lihat betapa bagusnya anak-anak di Spanyol. Tidak normal melihat pemain dengan karakter ini, kepercayaan diri seperti ini pada debutnya. Dia akan menjadi masa depan skuad Spanyol dan saya pikir saat ini juga," ujar Enrique seperi dilaporkan Rai Sport.

"Verratti adalah idolanya. Saya katakan padanya, hari ini Anda menekan Verratti saat pertama hingga terakhir. Dia menyukainya," imbuh mantan pelatih AS Roma itu.