Debut Lionel Messi, Berawal dari Pengganti Deco 14 Tahun yang Lalu

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Selasa, 16 Oktober 2018
Debut Lionel Messi, Berawal dari Pengganti Deco 14 Tahun yang Lalu
Lionel Messi masuk menggantikan Deco (Twitter)

BolaSkor.com - Lionel Messi dan Barcelona bak dua sisi mata uang yang tak bisa dipisahkan. Memang terkesan berlebihan, namun catatan impresif selama 14 tahun berkarier di tim senior menjadi pembelaan yang tak terbantahkan.

Hari ini, 16 Oktober 2018, tepat 14 tahun yang lalu Lionel Messi mencatatkan debut bersama tim senior Barcelona. Saat itu, Barcelona tengah bertanding melawan rival satu kota, Espanyol.

Pada menit ke-82, Frank Rijkaard memutuskan menarik keluar Deco dan memberikan kesempatan pada Messi untuk unjuk gigi. Delapan menit tersebut menjadi awal kisah mengilap El Messiah.

Pada pertandingan tersebut, Messi baru berusia 17 tahun tiga bulan dan 22 hari. Dia mengenakan jersey bernomor punggung 30 dan bermain di sayap kanan. Adapun pertandingan berakhir kemenangan untuk Barcelona dengan skor 1-0.

Selama 14 tahun berkarier di tim senior Blaugrana, Messi menciptakan sejumlah pencapaian. Sejauh ini, pemain tim nasional Argentina itu mencetak 389 gol plus 153 assist dalam 426 pertandingan.

Bahkan, kehadiran Messi juga langsung berimbas pada peta persaingan antara Barcelona dan sang rival utama, Real Madrid. Saat Messi belum mencatatkan debut, Barcelona hanya mengoleksi 62 gelar, sedangkan El Real 10 trofi lebih banyak. Namun saat ini, Barcelona sudah meraih 94 gelar, adapun Real Madrid 90 titel.

Meski sudah berusia 31 tahun, Messi tak menunjukkan performa yang melambat. Dia masih terus menjadi inspirasi kemenangan Barcelona. Contohnya, saat menghadapi Tottenham Hotspur di Liga Champions 2018-2019. Sang pemain mencetak dua gol dan merepotkan barisan pertahanan The Lilywhites sepanjang laga.

Sekarang, tidak banyak rekor klub yang tak dipegang Lionel Messi. Sepertinya, Tuhan telah mengirimkan kado terindah untuk Barcelona tepat 14 tahun yang lalu.

Lionel Messi Barcelona Breaking News
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.351

Bagikan