Debut Ronald Koeman di Barcelona: Mainkan Formasi 4-2-3-1 dan Tunjuk Lionel Messi sebagai Kapten

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Minggu, 13 September 2020
Debut Ronald Koeman di Barcelona: Mainkan Formasi 4-2-3-1 dan Tunjuk Lionel Messi sebagai Kapten
Ronald Koeman (Twitter)

BolaSkor.com - Ronald Koeman akhirnya melakoni debutnya sebagai pelatih Barcelona dalam sebuah pertandingan. Momen itu terjadi pada laga uji coba kontra Gimnastic, Sabtu (12/9) waktu setempat.

Dalam laga perdananya, Koeman memainkan dua tim berbeda di masing-masing babak. Ia mengombinasikan para pemain senior dengan sejumlah darah muda dari akademi.

Pada babak pertama, Koeman memainkan mayoritas pemain utamanya dengan formasi 4-2-3-1. Ia menurunkan empat pemain sekaligus di lini depan yaitu, Lionel Messi, Ousmane Dembele, Antoine Griezmann, dan Pedri.

Para pemain senior seperti Gerard Pique, Sergio Busquets, hingga Jordi Alba juga diturunkan Koeman sejak menit pertama. Mereka nampak akan menjadi kerangka utama permainan Barcelona musim ini.

Baca Juga:

Konflik dengan Barcelona Belum Surut, Lionel Messi Dianggap Perlu Gandeng Agen Profesional

Antoine Griezmann Akhirnya Gunakan Nomor 7 di Barcelona

Barcelona Belum Menyerah Kejar Lautaro Martinez

Lionel Messi

Yang menarik, Messi tetap dipercaya sebagai kapten. Hal ini secara tak langsung menunjukkan komitmen La Pulga kepada Barcelona.

Barcelona menutup babak pertama dengan skor 2-1. Dua gol tersebut dicetak Antoine Griezmann lewat titik penalti dan Ousmane Dembele.

Pada babak kedua, Koeman menurunkan lebih banyak pemain muda. Hanya Philippe Coutinho, Frenkie de Jong, Nelson Semedo, dan Martin Braitwhite yang berstatus pemain senior.

Tim ini mampu mencetak satu gol tambahan lewat penalti Coutinho. Skor 3-1 menutup laga pertama Koeman menangani Barcelona.

Usai laga, Koeman mengaku akan terus menggunakan formasi 4-2-3-1. Ia menganggap skema ini cocok dengan materi pemain yang ada.

“Saya tahu ada perubahan sistem dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, tetapi para pemain bisa bermain seperti ini, karena ada gelandang yang bagus untuk membawa bola ke area pertahanan lawan. Irama bola harus tinggi untuk menciptakan ruang antar garis dan mencetak gol," kata Koeman dilansir dari Mundo Deportivo.

Dengan formasi ini, Koeman nampak ingin memainkan Messi di belakang penyerang tengah. Hal tersebut akan membuat pergerakan pemain berusia 33 tahun itu lebih bebas.

Pelatih berkebangsaan Belanda itu secara khusus memuji mentalitas Messi. Koeman kini yakin pemain andalannya tersebut sudah melupakan polemik terkait kepindahannya dan fokus kepada Barcelona.

“Dia telah menunjukkan semangat yang sama seperti di hari pertama. Dia berlatih dengan baik dan melakukannya juga pada hari liburnya," kata Koeman terkait Messi.

"Dia tahu betul bahwa dia harus meningkat secara fisik, seperti orang lain. Kualitasnya berbicara sendiri."

Menariknya, Koeman sama sekali tak memainkan Luis Suarez dan Arturo Vidal dalam pertandingan ini. Hal tersebut menjadi pertanda keduanya akan segera angkat koper dari Barcelona.

Ronald Koeman Barcelona Lionel Messi Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan