Demi Bisa Bangkit, Liverpool Butuh Investasi 250 Juta Poundsterling di Bursa Transfer

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 10 Februari 2023
Demi Bisa Bangkit, Liverpool Butuh Investasi 250 Juta Poundsterling di Bursa Transfer
Liverpool (Twitter)

BolaSkor.com - Kejutan seringkali terjadi cepat dan tidak terduga datangnya dalam dunia sepak bola. Seperti yang terjadi kepada Liverpool, dari tim kompetitif petarung semua titel menjadi pesakitan saat ini.

The Reds sudah tersingkir di Piala Liga dan Piala FA, kini hanya menyisakan pertarungan di Liga Champions dan Premier League. Di Premier League pun posisi mereka jauh dari posisi ideal dan saat ini berada di peringkat 10 klasemen.

Posisi Liverpool itu tak terduga mengingat dalam beberapa musim terakhir mereka bertarung merebutkan titel liga dengan Manchester City. Belum lagi musim lalu anak-anak asuh Jurgen Klopp bertarung merebutkan empat trofi (pada akhirnya dapat dua).

Salah satu faktor merosotnya penampilan Liverpool itu dinilai terjadi karena kurangnya investasi kepada skuad yang kian menua, serta faktor lain seperti badai cedera. Alhasil gaya sepak bola yang diterapkan Klopp tak lagi berjalan baik.

Baca Juga:

Berkutat di Zona Degradasi, Everton Depak Frank Lampard dan Staf Kepelatihannya

Manchester City Terjerat Kasus, Liverpool Ketiban Untung

Paceklik Gol, Cody Gakpo Masih Dipercaya Jurgen Klopp

Tak ayal Liverpool butuh penyegaran dan pembaruan. Menurut eks pemain Liverpool, Dietmar Hamann, Liverpool butuh perombakkan besar pada bursa transfer musim panas 2023 dan butuh dana kurang lebihnya 250 juta poundsterling atau sekitar Rp4,5 triliun.

"Saya pikir mereka membutuhkan tiga atau empat gelandang lagi, minimal," kata Hamann kepada talkSPORT. "Karena jika Anda melihat lini tengah sekarang, saya tidak berpikir ada banyak hal buruk di sana."

"Ada pembicaraan tentang (Jude) Bellingham; apakah mereka mampu membelinya, saya tidak terlalu yakin. Bahkan jika Anda tidak mendapatkan Bellingham, Anda mungkin perlu menghabiskan antara 200-250 juta poundsterling di musim panas karena Anda membutuhkan tiga atau empat gelandang, mungkin seorang bek dan kemudian Anda perlu melihat apa yang terjadi pada pemain yang cedera di lini depan."

"Saya pikir itu akan menjadi sangat sulit, bahkan jika mereka menghabiskan 200-250 juta poundsterling, yang menurut saya harus mereka lakukan, untuk memiliki tim musim depan agar kompetitif.

Hamann menilai Liverpool butuh tambahan pemain pada posisi gelandang dan juga bek. Nama-nama yang dikaitkan dengan mereka seperti Rodri, Jude Bellingham, dan Declan Rice.

"Bagi saya posisi yang paling penting adalah peran gelandang bertahan. Di samping Rodri, Fabinho mungkin adalah pemain terbaik di posisi itu di Liga Inggris dalam lima musim terakhir, tetapi dia tidak bermain bagus musim ini. Fabinho adalah sisi yang salah dari 30 sekarang," tambah Hamann.

"Pemain yang ingin saya lihat adalah Declan Rice. Dia adalah pemain yang bisa bermain di sana selama lima atau enam musim ke depan, dia memberikan stabilitas, dia seorang pemimpin dan dia memberi pemain lain kebebasan untuk maju."

"Jika Anda bertanya kepada saya sekarang apakah saya akan membeli Bellingham seharga 120 juta poundsterling atau Rice, yang mungkin akan sedikit lebih murah, bagi saya itu tidak perlu dipikirkan lagi."

"Dengan Bellingham saya merasa masih ada keraguan. Dia pemain yang sangat berbakat; ketika saya melihatnya di Jerman dia sangat disiplin dan dia tidak akan bisa melakukan itu di klub besar di Inggris. Dari Bellingham atau Rice saya akan mengambil Rice sepanjang hari," urainya.

Liverpool Premier League Transfer Isu Transfer Bursa transfer
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.168

Bagikan