BolaSkor.com - Dunia bulu tangkis Indonesia kehilangan sosok penting. Kepala pelatih ganda campuran, Richard Mainaky, memutuskan pensiun pada 27 September 2021.

Richard menuturkan keputusannya memilih pensiun akibat keluarga. Selama berkarier sebagai pelatih, Richard jarang sekali memiliki waktu bersama keluarganya.

“Yang menjadi dasar utama itu keluarga ya, karena jujur selama 26 tahun itu, waktu untuk keluarga sangat terbatas sekali. Jadi kalau mau cerita selama ini saya jam lima pagi sudah harus berangkat ke pelatnas, pulang jam 6 sore. Kumpul sama keluarga paling Sabtu dan Minggu. Itu akhirnya yang membuat saya berkeinginan kuat untuk pensiun dari PBSI,” jelas Richard dikutip dari badmintonindonesia.org.

“Juga karena keluarga saya ingin pulang ke Manado. Jadi saya harus mengalah. Sebenarnya dari pihak keluarga tidak banyak menuntut, hanya kami sudah membangun sebuah rumah dan restoran di Manado dari hasil melatih ini. Saya melihat istri dan anak lebih enjoy di sana. Jadi saya putuskan pensiun dan pindah ke Manado,” lanjutnya.

Baca Juga:

Kevin/Marcus Dapat Hadiah Unik dari Seniman asal Batam

Richard Mainaky Resmi Mundur, PBSI Belum Bahas Pengganti

Berhembusnya kabar pensiun Richard sebenarnya sudah lama terdengar. Tercatat sejak Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir meraih medali emas di Olimpiade Rio 2016, Richard berpikir untuk pensiun. Namun ketika itu, pelatih berusia 56 tahun ini memutuskan bertahan.

“Di Olimpiade 2012 itu kan Owi/Butet hanya sampai semifinal, lalu di Olimpiade Rio 2016 mereka bisa meraih emas dan mengembalikan tradisi. Di situ saya berpikir empat tahun kemudian atau Olimpiade Tokyo 2020 bisa mempertahankan medali emas tersebut,” kata Richard.

“Saya tidak sedih meninggalkan PBSI karena sudah memberikan yang terbaik kepada mereka semua,” tambahnya.

Penulis: Bintang Rahmat