Piala Asia 2023

Demi Masa Depan Timnas Indonesia, Alasan Shin Tae-yong Bawa Skuad Termuda ke Piala Asia 2023

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 08 Januari 2024
Demi Masa Depan Timnas Indonesia, Alasan Shin Tae-yong Bawa Skuad Termuda ke Piala Asia 2023
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (PSSI)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia bermaterikan sebagian besar pemain muda di Piala Asia 2023. Bahkan, Skuad Garuda diberikan predikat sebagai tim termuda di turnamen sepak bola paling bergengsi antarnegara Benua Kuning edisi ke-18.

Dikutip dari Footy Rankings, rata-rata usia pemain Timnas Indonesia adalah 24,33 tahun. Angka ini berselisih tipis dengan Tajikistan (24,62 tahun) dan Kirgistan (24,99 tahun).

Jika melihat daftar skuad Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023 yang dirilis oleh AFC pada 1 Januari lalu, terdapat tiga pemain yang masih berusia 19 tahun. Ketiga pemain tersebut adalah Marselino Ferdinan, Hokky Caraka, dan Ivar Jenner.

Kemudian ada sembilan pemain berusia 20 sampai 23 tahun. Mereka antara lain Elkan Baggott (21 tahun), Rizky Ridho (22), Witan Sulaeman (22), Egy Maulana Vikri (23), Rafael Struick (20), Pratama Arhan (22), Ramadhan Sananta (21), Ernando Ari Sutaryadi (21) dan Justin Hubner (20).

Sementara itu, status pemain tertua di Tim Merah-Putih dipegang oleh Jordi Amat. Pemain Johor Darul Ta'zim (JDT) tersebut pada saat ini berumur 31 tahun.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengatakan keputusannya membawa mayoritas pemain muda ke Piala Asia demi masa depan sepak bola Tanah Air. Shin Tae-yong berharap para pemain tersebut menjadi generasi emas.

Baca Juga:

Diperkuat 3 Pemain Berusia 19 Tahun, Timnas Indonesia Jadi Skuad Termuda di Piala Asia 2023

Rival Timnas Indonesia: Gelar Juara Bukan Satu-satunya Tujuan Irak

Shin Tae-yong memang dikenal sebagai pelatih yang sangat percaya dengan kemampuan pemain-pemain muda. Ia bahkan dianggap memotong satu generasi tim nasional.

Saat Piala AFF 2020, yang merupakan turnamen pertama Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia, dia membawa enam pemain di bawah usia 21 tahun. Keenam pemain tersebut adalah Ernando Ari Sutaryadi, Elkan Baggott, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan dan Witan Sulaeman.

"Memang secara keseluruhan kami sudah melakukan regenerasi, jadi saya yakin sepak bola Indonesia pasti bisa berkembang jika kami bisa berprestasi di Piala Asia ini dengan pemain-pemain muda," kata Shin Tae-yong.

Dengan skuad muda ini, Shin Tae-yong akan berusaha keras meraih prestasi terbaik di Piala Asia 2023. Ia yakin dengan memberikan kesempatan tampil di turnamen sekelas Piala Asia, kemampuan serta mental para pemain muda di Skuad Garuda akan semakin terbentuk dengan baik.

"Saya juga akan berusaha semaksimal mungkin mengembangkan dan membuat prestasi dengan pemain-pemain muda ini," tutur pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

Pada Piala Asia 2023, Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak dan Vietnam. Irak jadi lawan perdana Tim Merah-Putih pada 15 Januari, kemudian bertemu Vietnam di laga kedua (19/1) dan terakhir melawan Jepang (24/1).

Timnas Indonesia Shin Tae-yong Piala Asia Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.376

Bagikan