Demi Olimpiade 2032, Indonesia Harus Banyak Berbenah

Andhika PutraAndhika Putra - Rabu, 20 Februari 2019
Demi Olimpiade 2032, Indonesia Harus Banyak Berbenah
Upcara Penutupan Asian Games 2018 (BolaSkor/Rizki Fitrianto)

BolaSkor.com - Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Thohir, mengaku optimistis Indonesia mampu menggelar Olimpiade 2032. Namun, Erick menyebut, Indonesia harus banyak menggelar turnamen internasional demi mewujudkan hal itu.

Surat pencalonan resmi Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 sudah diterima International Olympic Committee (IOC). Surat tersebut ditandatangani langsung Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 mencuat setelah berhasil menggelar Asian Games 2018. Dengan persiapan minim, Indonesia sukses menjadi tuan rumah ajang empat tahunan tersebut.

"Benar, kini sudah resmi Indonesia sudah mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032," kata Erick Thohir.

Baca Juga:

NBA All-Star: Tim LeBron Buat Tim Giannis Bertekuk Lutut

Puma Jalin Kerja Sama dengan NBA

"Sesuai dengan apa yang pernah saya katakan, bahwa pasca Asian Games 2018, akan ada pengajuan surat secara resmi. Jika ditanyakan kesiapan, saya yakin Indonesia akan siap. Buktinya, kita mampu menggelar Asian Games 2018 meski hanya memiliki dua tahun tiga bulan persiapan," sambungnya.

Menurut Erick, langkah selanjutnya setelah pengajuan resmi itu adalah Indonesia harus lebih sering menggelar single event bertaraf internasional sebagai ajang persiapan. Salah satunya, di cabang bola basket dengan Indonesia jadi tuan rumah bersama Filipina dan Jepang untuk Piala Dunia Bola Basket 2023.

"Saya berharap, federasi olahraga lainnya di tanah air juga banyak melakukan hal tersebut sebagai upaya lobi dan persiapan," ucap eks Presiden FC Internazionale tersebut.

"Dengan sering menggelar kejuaraan bertaraf internasional, maka selain menjadi salah satu ajang promosi untuk tuan rumah Olimpiade 2032 dan meningkatkan animo masyarakat, venue yang sudah dibangun juga tidak terbengkalai. Apalagi venue yang sudah digunakan untuk Asian Games 2018 lalu sudah memenuhi standar internasional," ucap Erick.*

Breaking News Indonesia Asian games Asian games 2018 Olimpiade
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.245

Bagikan