Demi Pahami Skuat Persib, Asisten Luis Milla Kursus Bahasa Indonesia

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 20 Oktober 2022
Demi Pahami Skuat Persib, Asisten Luis Milla Kursus Bahasa Indonesia
Asisten pelatih Persib, Manuel Perez Cascallana. (Bolaskor.com/Gigi Gaga)

BolaSkor.com - Asisten pelatih Persib Bandung, Manuel Perez Cascallana diam-diam menjalani kursus bahasa Indonesia. Tujuannya hanya agar dapat memahami bahasa para pemainnya.

Maklum, saat ini skuat Persib Bandung dihuni mayoritas pemain lokal atau berbahasa Indonesia. Hanya empat pemain yang merupakan pemain asing sesuai dengan kuota yang ditetapkan di Liga 1 2022/2023.

"Ya, karena saya sekarang tinggal di Indonesia. Saya perlu memahami bahasa dari pemain karena kebanyakan dari pemain kami tidak berbicara dengan bahasa Inggris. Jadi saya ingin berkomunikasi dengan mereka dan karena itu maka saya belajar bahasa (Indonesia)," ungkap Manuel Cascallana, Kamis (20/10).

Baca Juga:

Direktur Utama PSS Sleman Mundur

Javier Roca Mulai Susun Program Tim Arema FC Menatap Lanjutan Liga 1

Sejauh ini, pelatih yang akrab disapa Manu ini mengaku sudah menguasai dua bahasa dari dua negara berbeda. Masing-masing adalah bahasa Inggris dan bahasa Spanyol yang merupakan bahasa dari negaranya.

"Tapi, saya juga bisa sedikit berbicara bahasa Turki, Cina karena saya pernah bekerja dengan orang-orang dari negara tersebut," tuturnya.

Sementara untuk bahasa India, asisten pelatih Luis Milla ini mengaku belum begitu lancar meski pernah menangani tim yang berada di negara Bollywood tersebut. Menurutnya, India memiliki sedikit perbedaan bahasa.

"Karena di Kolkata itu mereka bicara bahasa Bengali, bukan India. Jadi memang ada beberapa kata yang saya pahami tapi saya tidak terlalu lancar," ungkapnya.

Saat ini, Manu mengaku sangat menyukai bahasa Indonesia. Ia merasa bahasa Indonesia tidak sulit untuk dipelajari.

"Yang sulit itu bahasa Cina, kalau bahasa (Indonesia), terbilang cukup mirip dengan bahasa Spanyol," pungkasnya.(Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Persib Bandung Manuel Cascallana Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan