Demi Tingkatkan Pasaran di Asia, Juventus Minta Jadwal Laga Serie A Dimajukan

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 22 Agustus 2019
Demi Tingkatkan Pasaran di Asia, Juventus Minta Jadwal Laga Serie A Dimajukan
Juventus vs Inter Milan (Zimbio)

BolaSkor.com - Juara bertahan Scudetto delapan kali beruntun, Juventus, meminta kepada Serie A agar jadwal pertandingan dimajukan demi dapat memuaskan dan menambah pasaran liga di Asia. Serie A diminta mengikuti Premier League.

Jadwal pertandingan yang tidak bersahabat di Asia, dari mulai malam hari menjelang dini hari atau dini hari, menyulitkan fans untuk menyaksikan pertandingan di waktu istirahat atau jam tidur.

Juventus, melalui Ketua Pendapatan Juventus, Giorgio Ricci, khawatir kondisi itu menyulitkan peningkatan fans Serie A di Asia bersaing dengan Premier League. Bukti itu bisa dilihat dari status pendapatan Juventus yang berada di bawah enam tim top Premier League.

Baca Juga:

Ironis, Klub-klub Serie A Lebih Mengandalkan Talenta Asing ketimbang Lokal

Nasib Masa Depan Cristiano Ronaldo: Pensiun pada 2020 atau Bermain hingga Usia 40 Tahun

Profil Singkat 3 Klub Promosi Serie A 2019-2020

Juventus vs AS Roma

"Kami harus menemukan keseimbangan tang tepat di antara penonton domestik dan global. Ini bukan hanya tentang waktu siaran, namun juga soal distribusi hak cipta dan siapa yang memperlihatkan laga-laga," tutur Ricci kepada BBC Sport.

"Dari sudut pandang itu, perbedaan di antara Premier League dan Serie A cukup besar. Ini merupakan cerita terlama dan satu dari beberapa alasan untuk bertarung dengan liga (lain)."

Asia memang jadi pasar terbesar pendapatan klub-klub Eropa melalui penjualan merchandise dan lain sebagainya, khususnya di China. Itulah mengapa Juventus jadi klub Italia pertama yang membuka kantor cabang di Asia atau lebih tepatnya Hong Kong.

Hal itu diharapkan bisa meningkatkan pendapatan klub untuk merekrut pemain bintang dalam perburuan memenangi titel Liga Champions yang terakhir diraih pada 1996.

Dikutip dari Deloitte's Football Money League per Januari 2019, Juventus ada di urutan 11 dari 20 klub terkaya di dunia. Pembelian Cristiano Ronaldo dan Matthijs de Ligt jadi bukti kekuatan finansial La Vecchia Signora.

Serie A hingga LaLiga memang harus mulai mengikuti Premier League dari segi jadwal laga lebih awal untuk pasaran Asia. Dengan itu menurut Federico Palomba, Kepala Operasi Juventus Zona Asia-Pasifik, yakin Serie A bisa kembali berjaya seperti di masa lalu.

"Pada 1990-an, Serie A sangat populer di China. Sekarang Serie A telah kembali populer," tambah Palomba.

Breaking News Juventus Serie a Asia
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.127

Bagikan