BolaSkor.com - Pengusaha asal Rusia, Roman Abramovich, akhirnya mengambil keputusan untuk menjual Chelsea. Langkah tersebut diambil sebagai buntut tekanan yang diberikan terkait perang antara Rusia dengan Ukraina.

Nama Roman Abramovich turut terseret dalam perang Rusia melawan Ukraina. Kabarnya, Abramovich memiliki keterkaitkan dengan pemimpin Rusia yang menginisiasi perang, Vladimir Putin.

Sejak saat itu, desakan mundur pun mulai terdengar. Apalagi, sejumlah klub mengambil langkah dengan memutus hubungan bersama para sponsor yang berasal dari Rusia.

Kini, setelah sempat mengumumkan keluar dari dewan direksi, Abramovich memutuskan menjual Chelsea. Pengusaha 55 tahun itu menilai berpisah adalah jalan terbaik.

Baca Juga:

Bukan Menyangsang di Atap Wembley, Bola Tendangan Penalti Kepa Dibawa Pulang Suporter Liverpool

Chelsea Gagal Juara, Tuchel Ogah Salahkan Kepa Arrizabalaga

Tuchel Akui Serangan Rusia ke Ukraina Pengaruhi Final Chelsea Lawan Liverpool

"Saya ingin menyampaikan spekulasi di media selama beberapa hari terakhir sehubungan dengan kepemilikan saya atas Chelsea FC. Saya selalu mengambil keputusan dengan mengutamakan kepentingan Klub," buka Abramovich.

"Dalam situasi saat ini, saya mengambil keputusan untuk menjual klub karena yakin itu demi kepentingan Chelsea, suporter, karyawan, sponsor, dan mitra," papar Abramovich.

"Penjualan ini tidak akan dipercepat, tetapi akan mengikuti proses yang semestinya. Saya tidak akan meminta pinjaman apa pun untuk dilunasi."

Langkah berikutnya, Abramovich akan mengalokasikan seluruh keuntungan penjualan klub untuk membantu korban perang Rusia melawan Ukraina.

"Ini bukan soal bisnis atau uang untuk saya, tetapi soal hasrat untuk pertandingan dan klub. Saya telah memberikan perintah kepada tim untuk mendirikan yayasan amal di mana semua hasil bersih dari penjualan akan disumbangkan," tegas Abramovich.

"Yayasan untuk kepentingan semua korban perang Ukraina. Itu termasuk menyediakan dana penting untuk kebutuhan mendesak dan para korban, serta mendukung pemulihan jangka panjang."

"Tolong, ketahuilah ini adalah keputusan yang sangat sulit dan menyakitkan untuk berpisah dengan Chelsea dengan cara ini. Namun, saya yakin ini demi kepentingan terbaik Chelsea," jelas Abramovich.

"Saya berharap dapat mengunjungi Stamford Bridge untuk terakhir kalinya dan mengucapkan selamat tinggal kepada Anda semua secara langsung. Merupakan hak istimewa seumur hidup untuk menjadi bagian Chelsea dan saya bangga atas semua pencapaian bersama. Chelsea dan para pendukungnya akan selalu berada di hati saya."

Roman Abramovich membeli Chelsea pada 2003 seharga 140 juta pounds. Sejak saat itu, Abramovich rajin menggelontorkan dana selangit untuk membeli amunisi anyar. Hasilnya, Chelsea menjadi satu di antara tim terkuat di Inggris dan Eropa. The Blues pun memenangi sejumlah gelar seperti Premier League, Liga Champions, dan Piala Dunia Antarklub.