BolaSkor.com – Semakin seru menyimak kontroversi dari inovasi yang dilakukan La Liga untuk mengepakkan sayap ke Amerika Serikat. Sebelumnya, kapten-kapten klub La Liga dikabarkan oleh Sergio Busquets menolak laga La Liga diadakan di Negeri Paman Sam. Kini, Girona malah ingin bermain di sana melawan Barcelona.

“Klub menerima tawaran ini dengan memahami kemungkinan besar untuk tumbuh dan memperluas (basis fans), tidak hanya untuk klub, tapi juga kota kami dan juga wilayah kami. Tiga tahun lalu, klub bertarung melawan segala hal yang berbau bisnis dan sekarang, tujuan kami adalah untuk mengkonsolidasi diri kami di La Liga,” bunyi pernyataan di laman resmi Girona.

Pro-kontra mengiringi keputusan Girona untuk bermain di Amerika. Mereka secara tidak langsung menerima keputusan La Liga yang bekerja sama dengan sponsor, serta perusahaan-perusahaan besar untuk mengadakan laga La Liga jauh dari Spanyol. Namun di satu sisi berbeda, apa yang dilakukan Girona merupakan hal yang wajar untuk meningkatkan pemasukan klub.

Javier Tebas, Presiden La Liga, sudah memiliki keyakinan sebanyak 90 persen bahwa Derbi Catalan antara Girona kontra Barcelona akan berlangsung di Amerika.

“Girona-Barcelona 90 persen akan dimainkan di Amerika Serikat, namun kesepakatannya bukan hanya tentang satu laga, melainkan sebuah proses yang jauh lebih besar. Kami mengadakan proses penawaran dan berbagai macam perusahaan terlibat,” tutur Tebas, disadur dari AS.

“Tidak ada kewajiban bagi tim-tim untuk memainkan satu laga dalam semusim di Amerika Serikat, hanya klub-klub yang sukarela yang akan bermain. Ini juga lebih dari sekedar laga, ini tentang strategi dan sponsor,” tegasnya.

Pertandingan Girona, yang baru promosi musim lalu dari Divisi Segunda, direncanakan berlangsung di Stadion Hard Rock, Florida, yang memiliki kapasitas 65.000 penonton. Girona juga berbagi saham besar dengan pemilik Manchester City.

“Laga nanti didesain untuk membantu tim-tim yang tidak memiliki basis fans yang sangat besar. Girona sebagian besar dimiliki oleh City dan bersama dengan Stephen Ross (Pemilik Miami Dolphins), mereka memberitahu kami bahwa Girona tertarik memainkan laga tersebut,” tambah Tebas.

“Sekarang beberapa tim dengan profil serupa dengan Girona telah menunjukkan ketertarikannya, karena mereka melihatnya sebagai sebuah peluang. Pemegang tiket terusan akan dikompensasi dan ada kesempatan bepergian ke Miami,” pungkasnya.