Derby d'Italia: Laga Derby, namun Tak Mempertemukan Tim Sekota

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Minggu, 06 Oktober 2019
Derby d'Italia: Laga Derby, namun Tak Mempertemukan Tim Sekota
Aksi suporter Inter Milan pada derby d'Italia (Zimbio)

BolaSkor.com - Inter Milan akan menjamu Juventus pada laga bertajuk derby d'Italia pada lanjutan Serie A 2019-2020, di Stadion Giuseppe Meazza, Minggu (6/10) waktu setempat atau Senin dini hari WIB. Pertarungan tersebut berstatus derby, namun tidak mempertemukan dua klub dalam satu kota.

Lazimnya, pertandingan derby adalah pertemuan antara dua klub dalam satu kota. Contohnya, derby Manchester yang menampilkan laga Manchester United kotra Manchester City. Pun dengan derby Madrid yang menduelkan Real Madrid melawan Atletico Madrid.

Baca Juga:

Nostalgia - Enam Gol Omar Sivori di Derby d'Italia

Inter Milan Vs Juventus, Menanti Pertarungan ke-32 Cristiano Ronaldo Melawan Diego Godin

Seluruh Mata Pencinta Sepak Bola Tertuju ke Derby d'Italia

Fans Inter Milan Menyindir Juventus

Sementara itu, duel dua tim besar beda kota dalam suatu negara biasanya tidak disebut derby. Contohnya, pertarungan Real Madrid versus Barcelona yang mengambil nama El Clasico.

Lantas, kenapa pertempuran Inter Milan melawan Juventus mendapatkan panggilan derby?

Derby d'Italia adalah nama yang diberikan jurnalis olaharaga Italia, Gianni Brera, pada 1967. Hal itu tak terlepas dari letak kedua klub di Italia Barat Laut.

Pertarungan antara Nerazzurri dengan Juve juga menyeret soal politik masuk ke dalamnya. Sebab, wilayah Piedmont dan Lombardy yang masing-masing mewakili Inter dan Juve dipimpin oleh orang yang berseberangan dalam hal politik.

Selain itu, pertandingan Inter melawan Bianconeri mendapatkan titel derby karena kedua klub dianggap sebagai yang terbaik di Italia. Persaingan kedua klub itu juga panas di dalam dan luar lapangan. Apalagi kasus calciopoli kian memanaskan tensi hubungan kedua klub.

Inter Milan Vs Juventus

Beberapa kalangan sempat memandang derby d'Italia sudah tidak layak disematkan pada laga Inter melawan Juve karena La Vecchia Signora telah terdegradasi ke Serie B. Menurut mereka, hal tersebut membuat Juve tidak lagi berstatus sebagai tim terbaik di Italia.

Kendati demikian, persaingan antara Juve kontra Inter tetap menarik disaksikan. Apalagi, pada edisi kali ini.

Inter Milan sedang berusaha memutus dominasi Juventus di Italia. La Beneamata dipimpin langsung oleh mantan arsitek Juve, Antonio Conte. Hingga saat ini, Conte membuat Inter selalu meraup tiga poin pada enam laga awal.

Pada sisi lain, Juventus juga terus memperbaiki diri meski menyandang status raja Italia beberapa waktu terkhir. Bianconeri mendatangkan pemain-pemain anyar seperti Cristiano Ronaldo, Aaron Ramsey, dan Matthijs de Ligt demi terus menjaga kualitas tim berada di level tertinggi.

Tak pelak, pertandingan Inter Milan melawan Juventus memang mencerminkan pertempuran dua klub terbaik di Italia. Tak heran, laga tersebut dijuluki derby d'Italia.

Breaking News Inter Milan Juventus Serie a Derby d'Italia
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.515

Bagikan