BolaSkor.com - Arsenal meraup tiga poin saat menjamu Tottenham Hotspur dalam derby London Utara. The Gunners melibas tamunya 2-0 pada laga lanjutan Premier League di Stadion Emirates, Sabtu (18/11/17). Kemenangan ini sekaligus mengakhiri catatan buruk Arsenal yang dalam enam laga Premier League sebelumnya melawan Spurs tak pernah menang.

Arsenal yang menurunkan Mesut Ozil, Alexis Sanchez, dan Alexander Lacazette di lini serang, memimpin tim melancarkan tekanan tiap kali bola ada di garis pertahanan Spurs. Meski begitu, tim tamu sedikit lebih banyak menguasai bola.

Arsenal membuka keunggulan 1-0 berkat gol Skhodran Mustafi. Skhodran Mustafi baru bisa mencetak gol untuk Arsenal pada menit ke-37. Sundulan pemain Timnas Jerman itu mampu memanfaatkan umpan silang kompatriotnya, Mesut Oezil dari sisi kanan pertahanan lawan.

Beberapa kali Spurs terlihat kesulian meladeni serangan balik cepat Arsenal. Pada menit kelima, Atsenal mengancam gawang Spurs. Beruntung bagi Spurs, tendangan Lacazette masih melambung.

Arsenal kembali membuang peluang menit ke-19. Umpan matang Aaron Ramsey dari sisi kanan ke depan gawang Tottenham gagal diselesaikan Lacazette.

Laga semakin sengit dan Spurs mulai menghadirkan ancaman di lini pertahanan Arsenal. Namun, usaha dari Harry Kane pada menit ke-30 dan Christian Eriksen dua menit kemudian masih gagal berbuah gol.

Lolos dari ancaman, Arsenal justru sukses menuai gol pada menit ke-36. Berawal dari tendangan bebas yang diambil Ozil, Shkodran Mustafi menyambut bola lewat tandukan. Bola pun mengarah ke sudut gawang Spurs tanpa bisa dihalau Hugo Lloris.

Petaka Spurs berlanjut lima menit kemudian. Kali ini Sanchez yang mencatatkan namanya di papan skor. Lepas dari jebakan offside, Lacazette melepaskan umpan silang yang diselesaikan Sanchez dengan mengirimkan bola ke atap gawang Lloris.

Di babak kedua, Arsenal mendapat dua peluang dalam rentang sepuluh menit. Namun, Koscielny tak egitu sigap mengantisipasi peluang di menit ke-52. Pun dengan Lacazette yang sepakannya masih melambung pada menit 55.

Memasuki menit ke-70 Arsenal lagi-lagi membuang peluang. Lewat aksinya Sanchez mencoba menusuk dan melepaskan sepakan. Namun bola masih mengarah ke atas mistar gawang. Sanchez kemudian kembali membuang peluang semenit kemudian, kali ini usaha penyerang Cile ini digagalkan Lloris.

Saat waktu normal tersisa sembilan menit, Spurs nyaris menjebol gawang Arsenal. Namun usaha sundulan Eric Dier masih bisa dihalau oleh Petr Cech. Selang empat menit, giliran SOn yang mendapat peluang. Karena terburu-buru, Son justru mengirim bola melambung.

Mencoba menekan di hingga akhir laga, Spurs belum berhasil membuat gol dan skor 2-0 buat Arsenal bertahan hingga laga usai.

Berkat kemenangan ini, sementara Arsenal naik ke peringkat kelima Premier League dengan raihan 22 poin. Sedangkan Spurs bertahan di posisi ketiga dengan 23 poin. Namun posisi Spurs bisa tergeser jika Chelsea bisa memang saat tandang ke West Bromwich Albion.

Susunan Pemain

Arsenal (3-4-2-1): Cech; Koscielny, Mustafi, Monreal; Bellerin, Ramsey, Xhaka, Kolasinac; Ozil (Iwobi 84), Sanchez; Lacazette (Coquelin 73)

Tottenham Hotspur (3-5-1-1): Lloris; Sanchez, Dier, Vertonghen; Trippier, Sissoko, Dembele (Winks 62), Eriksen, Davies; Alli (Son 75); Kane (Llorente 75).