BolaSkor.com - Manchester United telah memperkenalkan Lisandro Martinez sebagai rekrutan anyar ketiga pada musim panas ini. Menariknya, bek berkebangsaan Argentina itu mendapat kehormatan mengenakan jersey bernomor punggung 6.

Martinez diboyong Manchester United dari Ajax Amsterdam. Pemain berusia 24 tahun itu ditebus dengan harga cukup mahal yaitu sekitar 55 juta euro.
'
Martinez diproyeksikan memainkan peran penting di lini pertahanan Manchester United. Sektor ini memang menjadi titik lemah Setan Merah pada musim lalu.

Baca Juga:

Resmi Diperkenalkan, Lisandro Martinez Janjikan Kesuksesan untuk Manchester United

Lisandro Martinez dan Rekam Jejak Pemain Argentina di Manchester United

Lisandro Martinez dan 5 Bek Pendek Terbaik yang Sukses di Eropa

Kepercayaan tinggi kepada Martinez bisa dilihat dari nomor punggung 6 yang didapatnya. Tak sembarang bek Manchester United diberi kesempatan mengenakannya.

Sejak musim 2016-2017, jersey nomor punggung 6 memang digunakan Paul Pogba yang seorang gelandang. Namun sebelum itu, seragam ini identik dengan bek andalan Manchester United.

Setidaknya ada lima bek tangguh Manchester United yang sempat memakai jersey bernomor punggung 6 sebelum Martinez. Berikut ini rinciannya:

1. Gary Pallister

Gary Pallister merupakan salah satu bek andalan Manchester United pada awal era kepemimpinan Sir Alex Ferguson. Ia diboyong dari Middlesbrough pada musim panas 1989.

Manchester United ketika itu harus memecahkan rekor transfer termahal untuk seorang bek. Pallister memang ditebus dengan biaya sekitar 2,3 juta poundsterling.

Keputusan Manchester United mendatangkan Pallister terbukti tepat. Pemain berkebangsaan Inggris itu mampu mengawal lini pertahanan dengan gagah selama sembilan musim.

Dalam periode tersebut, Pallister turut membantu Manchester United meraih 15 gelar bergengsi. Beberapa di antaranya yaitu empat trofi Premier League dan satu gelar Piala Winners.


2. Jaap Stam

Pada musim panas 1998, Manchester United mengembalikan Pallister ke Middlesbrough. Raksasa Inggris itu kemudian menjadikan Jaap Stam sebagai penggantinya.

Sama seperti Pallister, Manchester United juga memecahkan rekor transfer seorang bek untuk meminang Stam. Pemain berkepala plontos itu ditebus dari PSV Eindhoven dengan harga 10,6 juta poundsterling.

Stam juga mendapat kehormatan untuk memakai jersey nomor punggung 6 peninggalan Pallister. Ia menjawab kepercayaan tersebut dengan penampilan lugas dalam setiap pertandingan.

Stam memang hanya bertahan tiga musim di Manchester United. Namun kepergiannya terjadi karena terlibat konflik dengan Sir Alex Ferguson.

Namun dalam waktu yang singkat itu, Stam masih mampu mempersembahkan enam trofi bergengsi. Ia kemudian dijual ke Lazio dengan harga sekitar 16 juta poundsterling.


3. Laurent Blanc

Setelah menjual Stam ke Lazio, Manchester United bergerak cepat mencari penggantinya. Pilihan kemudian jatuh kepada sosok Laurent Blanc.

Kedatangan Blanc pada musim panas 2001 sempat mengundang perdebatan karena usianya yang sudah menginjak 35 tahun. Namun pemain yang direkrut secara gratis itu mendapat kehormatan mengenakan jersey bernomor punggung 6 peninggalan Stam.

Blanc tampil sebanyak 46 laga di semua kompetisi pada musim perdananya memperkuat Manchester United. Sayang ia gagal menandai debutnya dengan sebuah gelar.

Semusim berselang, Blanc mengubah nomor punggungnya dari 6 ke 5. Hal itu tak lepas dari hengkangnya Ronny Johnsen selaku pemilik jersey nomor 5 ke Aston Villa.

Entah kebetulan atau tidak, Blanc mulai kehilangan tempat di skuat utama sejak berganti nomor punggung. Meskipun ia tetap menjadi bagian tim Manchester United yang meraih trofi Premier League sebelum pensiun di akhir musim 2002-2003.


4. Rio Ferdinand

Pada musim panas yang sama saat Blanc mengganti nomor punggung, Manchester United lagi-lagi memecahkan rekor transfer bek untuk membajak Rio Ferdinand dari Leeds United. Ia kemudian diberi kepercayaan menggunakan jersey bernomor 6.

Ferdinand dengan cepat menggusur Blanc dari pos bek tengah inti. Bersama Mikael Silvestre, keduanya menjadi duet palang pintu andalan Sir Alex Ferguson.

Namun Ferdinand hanya semusim menggunakan nomor punggung 6. Pasca pensiunnya Blanc di akhir musim 2002-2003, pemain bertubuh jangkung itu pun memilih menggunakan nomor 5 sejak musim 2003-2004.


5. Wes Brown

Setelah Ferdinand mengganti nomor, jersey bernomor punggung 6 menjadi milik Wes Brown. Ia merupakan produk asli akademi Manchester United.

Performa Brown memang mengalami pasang surut usai menggunakan jersey bernomor punggung 6. Namun kariernya relatif panjang di Manchester United.

Brown baru meninggalkan Old Trafford pada musim panas 2011 usai menerima pinangan Sunderland. Namun ia sudah mengoleksi 13 trofi bergengsi selama memperkuat Manchester United.


6. Jonny Evans

Jonny Evans menjadi bek terakhir yang mendapat kesempatan mengenakan jersey bernomor punggung 6. Ia menggunakannya selepas kepergian Wes Brown.

Evans juga berstatus produk akademi Manchester United. Ia mampu memberi persaingan ketat kepada Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic untuk mengawal pertahanan Manchester United.

Evans meninggalkan Manchester United pada musim panas 2015 setelah gagal membuat Louis van Gaal terkesan. Jersey bernomor punggung 6 pun resmi tanpa pemilik selama satu musim sebelum Pogba akhirnya datang.