BolaSkor.com - Liverpool tak menemui hambatan berarti saat melakoni Derby Merseyside jilid pertama di Premier League 2021-2022. The Reds tanpa ampun menghancurkan Everton yang bertindak sebagai tuan rumah.

Dalam laga yang berlangsung di Goodison Park, Kamis (2/12) dini hari WIB, Liverpool menang dengan skor telak 4-1. Hasil ini menunjukkan perbedaan level kedua tim.

Liverpool langsung memecah kebuntuan saat laga baru berjalan sembilan menit. Tendangan keras Jordan Henderson melesat mulus menembus gawang Everton kawalan Jordan Pickford.

Baca Juga:

Hasil Pertandingan: Chelsea, Liverpool, Man City, Duo Milan, dan Madrid Kompak Raih Kemenangan

Soal Bek Sayap, Manchester United Perlu Belajar dari Liverpool

5 Hal Mengenai Tyler Morton, Produk Akademi Liverpool Pengagum Gerrard dan Thiago

Sepuluh menit berselang, Mohamed Salah menggandakan keunggulan Liverpool. Ia tanpa kesulitan menaklukkan Pickford dari jarak dekat.

Demarai Gray sempat menghidupkan asa Everton lewat golnya pada menit ke-38. Namun itu hanya harapan semu karena Liverpool kembali menjauh lewat gol kedua Salah dan aksi Diogo Jota.

Kemenangan ini membuat Jurgen Klopp tersenyum lebar. Manajer Liverpool itu sangat puas dengan performa yang ditunjukkan anak-anak asuhnya.

"Kami membuat langkah besar dalam perkembangan kami sehingga kami dapat mengambil permainan seperti ini. Meskipun laga ini sangat penting bagi lawan, tetapi kami dapat mengesampingkan emosi," kata Klopp kepada BBC.

"Saya memiliki momen malam ini yang sangat saya nikmati. Saya menyukai apa yang saya lihat dan sejauh ini merupakan penampilan terbaik yang kami lakukan di Goodison."

Kemenangan Liverpool di markas Everton ini juga melahirkan sejumlah fakta menarik. Berikut beberapa di antaranya:

1. Liverpool tak pernah kalah di kandang Everton sejak Jurgen Klopp duduk di kursi manajer. Dari enam laga, mereka meraih dua kemenangan dan empat hasil imbang.

2. Liverpool telah mencetak 43 gol hanya dari 14 laga di Premier League musim ini. Jumlah tersebut menjadi yang terbanyak dari tim mana pun lima liga Elite Eropa.

3. Liverpool kini telah mencetak 25 gol dari tujuh laga tandang Premier League musim ini. Angka tersebut menjadi yag terbanyak di liga Inggris sejak 1961-1962 dengan jumlah pertandingan yang sama.

4. Liverpool untuk pertama kalinya dalam 41 tahun terakhir mampu mencetak empat gol di kandang Everton. Terakhir kali hal itu terjadi pada 1982 saat mereka menang 5-0 atas sang rival sekota.

5. Mohamed Salah adalah pemain Liverpool pertama yang mencetak dua gol di kandang Everton dalam derby Merseyside sejak Fernando Torres pada September 2008.

6. Salah juga telah terlibat dalam gol-gol Liverpool pada 12 laga terakhir di Premier League. Ia juga selalu mencetak gol atau assist dalam setiap laga tandang di ajang yang sama.

7. Jordan Henderson untuk pertama kalinya mencetak gol di Derby Merseyside. Ia melakukannya pada penampilan ke-18.

8. Diogo Jota selalu mencetak gol pada tiga laga terakhir Liverpool di Premier League.