BolaSkor.com - Bayern Munchen berhasil mengunci gelar juara Bundesliga 2021-2022. Die Roten kian menegaskan statusnya sebagai penguasa liga Jerman.

Kepastian Munchen mengunci gelar juara terjadi usai mengalahkan Borussia Dortmund di Allianz Arena, Sabtu (23/4). Sang rival utama dikalahkan dengan skor 3-1.

Tiga gol kemenangan Munchen dicetak oleh Serge Gnabry (15'), Robert Lewandowski (34'), dan Jamal Musialam (83'). Sementara Dortmund hanya mampu sekali membalas melalui penalti Emre Can (52').

Baca Juga:

Hasil Pertandingan: Bayern dan PSG Juara Liga, Betis Raih Trofi Copa del Rey

Bayern Minta Barcelona Serahkan Gavi jika Ingin Lewandowski

Lewandowski Memang Ingin Tinggalkan Bayern Munchen

Tampilnya Munchen sebagai juara Bundesliga memang bukan hal yang mengejutkan. Raksasa Jerman itu seolah memang berada satu level di atas para pesaingnya.

Namun kesuksesan ini tetap disambut antusias oleh para penggawa Munchen. Sang pelatih, Julian Nagelsmann, mengaku mempertahankan dominasi di Bundesliga tak semudah yang dibayangkan.

“Kesuksesan ini tidak semudah yang dikira. Beberapa pukulan yang kami alami tidak mudah untuk diterima,” kata Nagelsmann di situs resmi klub.

BolaSkor.com telah merangkum sederet fakta menarik yang mengiringi kesuksesan Munchen ini. Berikut rinciannya:

1. Bayern Munchen telah mengoleksi 32 gelar juara liga Jerman. Sebanyak 31 di antaranya terjadi pada era Bundesliga dan satu sisanya diraih pada tahun 1932.

2. Munchen kini telah menjuarai Bundesliga dalam 10 musim terakhir secara beruntun. Tidak klub dari liga-liga elite Eropa lain yang lebih dominan dari mereka.

3. Thomas Muller menjadi pemain pertama yang mampu meraih sebelas trofi Bundesliga.

4. Julian Nagelsmann meraih trofi Bundesliga pertama sejak berkarier sebagai pelatih. Sayangnya meski baru berusia 34 tahun 9 bulan, ia hanya pelatih termuda kedua yang mampu menorehkan prestasi tersebut.

5. Manuel Neuer menjadi pemain yang palng sering memenangkan pertandingan Bundesliga dengan catatan 315 laga. Koleksi 10 gelarnya sama dengan yang dikumpulkan Robert Lewandowski dan David Alaba, serta hanya kalah dari Thomas Muller.

6. Serge Gnabry mampu mencetak 12 gol di Bundesliga 2021-2022. Itu merupakan torehan gol terbanyak dalam satu musim kompetisi liga domestik sepanjang kariernya.

7. Kingsley Coman selalu menjuarai liga domestik sejak memulai karier profesional pada musim 2021-2013. Ia dua kali juara Ligue 1 bersama Paris Saint-Germain, dua kali juara Serie A bersama Juventus, dan tujuh gelar Bundesliga bersama Munchen.