BolaSkor.com - Timnas Prancis berhasil keluar sebagai juara UEFA Nations League 2021. Pada laga final, Les Bleus mampu meredam perlawanan Spanyol.

Dalam laga yang berlangsung di San Siro, Senin (11/10) dini hari WIB, Prancis menang dengan skor tipis 2-1. Karim Benzema dan Kylian Mbappe tampil sebagai pahlawan.

Benzema dan Mbappe sukses mencetak gol ke gawang Spanyol. Keduanya menjadi inspirator kebangkitan Prancis usai dikejutkan gol Mikel Oyarzabal.

Baca Juga:

Spanyol 1-2 Prancis: Les Bleus Juara Baru Nations League

Final UEFA Nations League: Laga Istimewa Antoine Griezmann

Tiap Kali Karim Benzema Cetak Gol, Prancis Tak Terkalahkan

Kesuksesan ini menjadi obat pelipur lara bagi Prancis. Tim asuhan Didier Deschamps sempat dihujani kritik usai tersingkir secara dini di ajang Piala Eropa 2020.

Dengan menjadi yang terbaik di UEFA Nations League, Prancis menegaskan diri masih memiliki mental juara. Ini juga modal yang baik untuk menatap Piala Dunia 2022.

Kesuksesan Prancis menjuarai UEFA Nations League 2021 juga diiringi deretan fakta menarik. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Prancis menjuarai UEFA Nations League tanpa terkalahkan sejak fase grup. Langkah serupa juga dilakukan Portugal pada edisi pertama.

2. Gelar UEFA Nations League melengkapi koleksi trofi Prancis di ajang internasional. Tidak ada tim lain yang mampu menjuarai tiga turnamen bergengsi (Piala Dunia, Piala Eropa, Nations League) seperti mereka.

3. Dari total lima gelar internasional yang diraih Prancis, Didier Deschamps memberikan kontribusi langsung dalam empat di antaranya. Dua sebagai kapten dan dua lagi dengan status pelatih.

4. Prancis selalu melakukan comeback pada semifinal dan final UEFA Nations League 2021.

5. Prancis tak terkalahkan dalam 25 laga kompetitif terakhirnya (di waktu normal). Catatan tersebut hanya berselisih dua laga dari rekor tak terkalahkan sepanjang sejarah Timnas Prancis pada Setember 1994 hingga Maret 1999.

6. Kylian Mbappe berkontribusi dalam empat dari lima gol Prancis di semifinal dan final UEFA Nations League. Tidak ada pemain lain di fase ini yang berkontribusi lebih besar ketimbang dirinya.

7. Antoine Griezmann mencatatkan penampilan ke-100 bersama Timnas Prancis. Ia mengikuti jejak delapan nama lain yaitu Lilian Thuram, Hugo Lloris, Thierry Henry, Marcel Desailly, Olivier Giroud, Zinedine Zidane, Patrick Vieira, dan Didier Deschamps.