BolaSkor.com - Chelsea keluar sebagai pemenang Liga Europa 2018-2019 pada Rabu (29/5). Rupanya, hasil tersebut mengeluarkan sejumlah catatan menarik yang ditorehkan The Blues.

Chelsea memastikan trofi Liga Europa 2018-2019 setelah melumat Arsenal di Baki Olimpiya Stadinou, Belarussia. The Blues menang telak dengan skor 4-1.

Chelsea mencetak gol terlebih dahulu empat menit setelah jeda. Memanfaatkan bola umpan Emerson, Olivier Giroud sukses mencatatkan nama di papan skor.

Eden Hazard menjadi arsitek gol kedua Chelsea yang dicetak Pedro ketika laga berjalan satu jam. Setelah itu, Hazard ikut menyumbang skor lewat eksekusi tendangan penalti sebelum mengonversi bola umpan Olivier Giroud menjadi gol.

Baca Juga:

Liga Europa 2018-2019, Kado Perpisahan Sempurna Eden Hazard

Chelsea 4-1 Arsenal: Eden Hazard Menggila, The Blues Juara Liga Europa 2018-2019

Chelsea

Setelah pertandingan, rupanya terdapat sejumlah catatan menarik. Petr Cech menjadi pemain pertama yang tampil di dan menghadapi dua tim Inggris yang sama pada final kompetisi Eropa, Chelsea.

Sementara itu, Chelsea merupakan juara kompetisi Eropa pertama yang tidak memainkan satu pemain dari negara asal mereka di 11 pemain awal sejak Inter Milan pada 2009-2010.

Di sisi lain, Pedro menorehkan catatan sebagai pemain kelima yang mencetak gol di final Liga Champions dan Liga Europa. Dia mengikuti Allan Simonsen, Hernan Crespo, Dmitri Alenichev, dan Steven Gerrard.

Sejak 2005-2006, tak ada klub yang kebobolan empat gol di final Liga Europa. Arsenal menyamai torehan buruk sesama klub asal Inggris, Middlesbrough, yang kalah 0-4 dari Sevilla.

Chelsea dirasa pantas memenangi Liga Europa 2018-2019. Pasalnya, skuat asuhan Maurizio Sarri tidak menelan kekalahan sama sekali pada ajang tersebut dengan catatan 12 kali menang dan tiga kali seri.

Tak ada klub yang memenangi kompetisi Eropa tanpa terkalahkan sejak musim 2007-2009. Saat itu, Manchester United sukses memenangi Liga Champions.