BolaSkor.com - Tim nasional Italia akan bersua Inggris pada final Piala Eropa 2020, di Stadion Wembley, Minggu (11/7) waktu setempat atau Senin dini hari WIB. Gli Azzurri punya sejumlah modal untuk menekuk Inggris di depan pendukungnya sendiri.

Italia diprakirakan akan menghadapi laga yang tak mudah melawan Inggris. Selain materi pemain yang sama kuat, Inggris akan bermain di depan publiknya.

Meski demikian, Italia juga punya nilai tambah. Setidaknya ada lima modal Gli Azzurri untuk menekuk Inggris.

Pertama tentu saja adalah pengalaman bermain di laga final. Sejauh ini, Italia telah 10 kali tampil di laga puncak turnamen besar. Dari kesempatan itu, Italia menjadi pemenang pada lima di antaranya. Pada sisi lain, Inggris baru dua kali melaju hingga final.

Baca Juga:

Bjorn Kuipers: Wasit Final Piala Eropa 2020, Pengalaman Pimpin Italia Vs Inggris

Piala Eropa 2020: Lakoni Final, Timnas Italia Diminta Bermain dengan Bahagia

Piala Eropa 2020: 4 Duel Kunci Italia Vs Inggris

Timnas Italia

Modal kedua adalah waktu istirahat lebih lama. Sebab, Italia melakoni laga semifinal melawan Spanyol satu hari lebih dulu daripada duel Inggris melawan Denmark. Walhasil, Ciro Immobile dan kawan-kawan bisa beristirahat lebih lama.

Kelebihan lainnya adalah keberadaan Gianluigi Donnarumma di bawah mistar gawang. Pemain yang dikabarkan akan bergabung dengan Paris Saint-Germain itu melakukan beberapa aksi gemilang untuk membuat gawang Italia tak mudah dibobol.

Penampilan Donnarumma diprakirakan akan membuat para pemain Inggris kesulitan. Apalagi, Donnarumma juga kuat dalam duel udara, satu di antara taktik yang selama ini diandalkan Inggris.

Selain itu, hal lain yang memperbesar peluang Italia menang adalah duel Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci di jantung pertahanan. Meski usianya tak lagi muda, tetapi bek Juventus itu tampil solid dan sulit ditembus.

Alasan berikutnya adalah lini tengah Italia yang dihuni gelandang kelas dunia.

Melirik materi pemain, Inggris memang unggul pada barisan depan. Pilihan pemain untuk Gareth Southgate lebih banyak.

Namun, jika beralih ke lini kedua, Italia lebih berkilau. Italia punya gelandang-gelandang kelas wahid seperti Jorginho, Nicolo Barella, dan Marco Verratti. Bahkan, di barisan pemain cadangan masih ada Manuel Locatelli dan Matteo Pessina yang siap memberikan yang terbaik jika diberi kesempatan.

Demikianlah rentetan modal Italia untuk mengalahkan Inggris di final Piala Eropa 2020. Meski demikian, modal tersebut perlu diolah dengan benar agar hasil akhirnya adalah keuntungan.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini