Deretan Pemain Asing yang Gabung Klub Liga 1 saat Pandemi

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 28 Desember 2020
Deretan Pemain Asing yang Gabung Klub Liga 1 saat Pandemi
Bruno Smith. (BolaSkor.com/Kristian Joan)

BolaSkor.com - Kompetisi kasta tertinggi Indonesia Liga 1 sudah ditinggalkan para legiun asing menyusul merebaknya pandemi virus corona (COVID-19). Ketidakpastian hingga renegosiasi kontrak menjadi pemicu perginya pemain import.

Liga 1 2020 terakhir digelar pada Maret, tepatnya tanggal 15. Empat pertandingan di pekan ketiga digelar masing-masing mempertemukan Bali United Vs Madura United, PS TIRA melawan Persita, PSM Makassar menghadapi Barito Putera, serta Persib kontra PSS Sleman.

Setidaknya sudah ada 26 pemain asing memastikan pergi hingga pertengahan Desember 2020. Sisanya masih menunggu termasuk hingga kontraknya berakhir.

Sejumlah di antaranya sudah menemukan klub baru seperti Sylvano Comvalius, Jonathan Bauman, Fransisco Torres. Sementara David da Silva, Makan Konate kabarnya akan memperkuat klub Malaysia Terengganu FC.

Menariknya, Liga 1 masih menarik bagi beberapa pemain asing di tengah eksodus. Bursa transfer 21 September hingga 18 Oktober menjadi gerbang untuk mencoba peruntungan tampil di lanjutan Liga 1, yang hingga kini masih belum jelas.

Namun kemudian mereka harus gigit jari. Liga 1 2020 semula direncanakan mulai Oktober tertunda. Sempat dijadwalkan mulai sejak November, tetap tak bisa tereksekusi.

Baca Juga:

5 Pemain Timnas Indonesia U-19 yang Bermain di Liga 2

10 Pesepak Bola Indonesia yang Namanya Mirip Pemain Top Dunia

Liga 1 rencananya dimulai Februari 2021, itu pun belum ada kepastian izin dari pihak kepolisian. Siapa saja pemain tersebut?

1. Caio Ruan

Caio Ruan Lino de Freitas. (BolaSkor.com/Kristian Joan)

Pemain berpaspor Brasil ini diperkenalkan Arema FC pada awal Oktober setelah merapat pada akhir September. Caio Ruan Lino de Freitas mendapat kontrak lima bulan, terhitung sejak Oktober hingga Maret 2021.

Caio Ruan didatangkan untuk menggantikan posisi Matias Malvino di sektor pertahanan. Matias Malvino memilih hengkang bersama Jonathan Bauman dan Elias Alderete, termasuk Oh In-kyun.

Caio Ruan sekaligus menjadi nama pertama yang mengisi slot pemain asing di Arema FC, setelah klub melepas semua pemain asing susunan proyeksi Mario Gomez.

2. Bruno Smith

Bruno Smith. (BolaSkor.com/Kristian Joan)

Pemain bernama lengkap Bruno Smith Nogueira Camargo diperkenalkan Arema FC pada 21 Oktober. Ia merupakan jebolan FC Twente saat berlaga di kompetisi usia muda Liga Belanda U-20 pada 2010 silam.

Bruno Smith mendapat kontrak selama semusim bersama Arema FC. Sebelum itu ia sudah mengikuti rangkaian persiapan Arema FC sejak 5 Oktober.

Belakangan Arema FC pasrah Bruno Smith termasuk Caio Ruan hengkang. Kedua pemain sudah meninggalkan Indonesia dan pulang ke negaranya.

"Untuk pemain asing, kami menyerahkan kembali kepada yang bersangkutan. Di negara lain, transfer window juga segera buka. Kami pun tidak bisa apa-apa (jika tawaran klub lain datang), karena (lanjutan Liga 1) kan belum jelas," jelas General Manager Arema FC, Ruddy Widodo.

Baca Juga:

9 Stadion Bernama Pahlawan di Indonesia

6 Pelatih Asing yang Rasakan Juara Era Liga Indonesia hingga Liga 1

3. Bruno Lopes

Bruno Lopes. (Instagram Madura United)

Bruno Lopes sudah merapat ke Madura United sejak September. Ia didatangkan untuk membantu Madura United mengarungi lanjutan Liga 1 yang awalnya dimulai Oktober.

Penyerang asal Brasil tersebut diharapkan mengisi kekosongan lini serang usai ditinggal Emmanuel Oti, Alberto Goncalves, dan Greg Nwokolo. Pengalaman Bruno Lopes memperkuat Persija Jakarta di musim 2017 menjadi pertimbangan utama.

Kekecewaan atas penundaan Liga 1 sempat diutarakan. "Saya sangat senang bisa datang ke sini, ini sebuah kesempatan besar. Tetapi saya tidak bahagia dengan penundaan kompetisi sesaat sebelum liga berjalan," katanya akhir September.

Bruno Lopes sempat mengikuti beberapa uji coba sebagai persiapan Madura United. Itu sebelum diketahui pulang ke negaranya Brasil untuk bergabung dengan klub Serie B Brasil, Parana Clube pada pertengahan November 2020.

4. Lima Pemain U-20 Brasil

Thiago Apolinario Pereira dan Maike Henrique De Lima. (Media Persija)

Lima pemain U-20 asal Brasil sempat hadir di Indonesia. Hugo Guilherme Correa Grillo dan Pedro Henrique Bartoli Jardim merapat ke Arema FC, sementara Thiago Apolinario Pereira dan Maike Henrique De Lima di Persija. Robert Junior Rodrigues Santos gabung Madura United.

Mereka datang dengan dibumbui kabar trial, jelang bergulir kembali Liga 1. Namun yang lebih santer, yakni kelimanya disinyalir masuk dalam proyek rencana naturalisasi PSSI.

Proyek itu diyakini telah berhenti. Kelima pemain tersebut tak bisa dinaturalisasi jika merujuk Statuta FIFA terkait Aturan Kelayakan dan akhirnya balik kanan pulang ke negaranya Brasil.

Liga 1 Arema FC Madura united Persija jakarta Breaking News Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan