BolaSkor.com - Syahrian Abimanyu menjadi pemain Indonesia terbaru yang direkrut klub Malaysia. Pemain yang sebelumnya membela Madura United itu dipastikan menjadi milik raksasa Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT).

Pengumuman perekrutan disampaikan JDT lewat akun media sosialnya, Rabu (23/12). Syahrian Abimanyu merupakan bagian rencana jangka panjang klub berjuluk Harimau Selatan.

Rasiman, asisten pelatih Madura United sekaligus ayah dari Syahrian Abimanyu, menyebut bahwa JDT menyodorkan kontrak tiga tahun. Adapun pemilik JDT, Tunku Ismail Sultan Ibrahim menjelaskan bahwa Syahrian Abimanyu, tak akan bermain untuk Johor Darul Ta'zim II. Abi, panggilan eks pemain Persija U-19 dan Sriwijaya FC itu akan dipinjamkan ke klub di luar Malaysia.

Syahrian Abimanyu sejauh ini menjadi pemain Indonesia kedua yang direkrut klub Malaysia jelang bergulirnya musim 2021. Sebelumnya, Ryuji Utomo didatangkan Penang FC dengan status pinjaman dari Persija Jakarta.

Baca Juga:

Syahrian Abimanyu Akan Dipinjamkan ke Klub Lain oleh JDT

Syahrian Abimanyu Dikontrak Tiga Tahun oleh JDT

Sejauh ini setidaknya sudah ada lebih dari 20 pemain yang pernah direkrut dan berbaju klub Malaysia. Siapa saja?

1. Ristomoyo Kassim (Selangor FA/1986-1987, Public Bank FC/1988, ATM FA/ 1989)

Ristomoyo merupakan pemain Indonesia pertama yang berkecimpung di Liga Malaysia. Ia tercatat selama empat musim dengan tiga klub berbeda.

2. Robby Darwis (Kelantan FA/1989)

Legenda Persib Bandung ini pernah membela Kelantan FA pada 1989. Kariernya tak panjang terlebih setelah menendang wasit saat ada keributan dalam laga Kelantan FA Vs FA Singapura pada 11 Juli 1989.

Robby Darwis diskors selama tiga bulan dan tak bisa membela Timnas Indonesia di SEA Games 1989. Setelah skorsing dicabut ia kembali ke Persib pada 2 Desember 1989.

3. Rahmad Darmawan (Army Force/1993)

Rahmad Darmawan memperkuat klub Malaysia Army Force selama satu musim. Kabarnya RD, panggilannya yang lebih dulu membela Persija Jakarta mengambil jatah cuti dari kesatuannya TNI AL untuk bisa berkarier di Malaysia.

4. Eri Irianto (Kuala Lumpur FA/1996)

Eri Irianto mengawali kariernya di Petrokimia Putra. Pada 1996, ia bergabung dengan klub Malaysia Kuala Lumpur FA, sebelum berbaju Persebaya.

5. Kurniawan Dwi Yulianto (Sarawak FA/2005-2006)

Kurniawan Dwi Yulianto membela Sarawak FA setelah sebelumnya berbaju Persija Jakarta pada 2004-2005. Dianggap gagal karena jarang mencetak gol, Kurniawan diputus kontrak oleh Sarawak pada Mei 2006.

6. Bambang Pamungkas (Selangor FA/2005-2007)

Bambang Pamungkas saat membela Selangor FA. (Facebook Selangor FA)

Bambang Pamungkas membela Selangor FA selama dua musim. Ia terbilang sukses di negeri tetangga.

Ia membantu Selangor FA treble winners pada 2005, masing-masing di Liga Premier Malaysia, Piala Malaysia, dan Piala FA. Bepe, panggilan Bambang Pamungkas juga mendapatkan gelar pribadi, yakni Top Skorer Liga Premier 2005, Pemain Asing Terbaik, dan Top Skorer Piala FA.

7. Elie Aiboy (Selangor FA/2005-2007 dan 2008-2009)

Elie Aiboy bergabung dengan Selangor FA bersama Bambang Pamungkas. Ia turut merasakan treble pada 2005, masing-masing di Liga Premier Malaysia, Piala Malaysia, dan Piala FA.

Elie Aiboy kembali ke Selangor pada 2008, sementara Bambang Pamungkas memutuskan tetap bersama Persija.