BolaSkor.com - Penghargaan pemain terbaik FIFA 2021 diumumkan melalui acara televisi, di Zurich, Swiss, Senin (17/1) waktu setempat. Hasilnya, Robert Lewandowski dan Cristiano Ronaldo naik podium.

Penyerang Bayern Munchen dan Polandia, Robert Lewandowski, meraih penghargaan pemain terbaik FIFA 2021. Itu merupakan gelar kedua berturut-turut untuk mantan ujung tombak Borussia Dortmund tersebut.

Lewandowski mengalahkan nama-nama tenar lainnya seperti Lionel Messi dan Mohamed Salah yang juga tampil brilian pada tahun lalu.

Sementara itu, untuk kategori pemain terbaik wanita, gelandang Barcelona, Alexia Putellas, menjadi yang terdepan. Selain mengilap di Barca, Putellas juga memegang peran penting di tim nasional putri Spanyol.

Baca juga:

Luka Modric Bisa Rebut Ballon d'Or 2022

Ada Kesenjangan Gaji, Bruno Fernandes Tunda Pembaruan Kontrak

AC Milan 1-2 Spezia: Rossoneri Gagal Geser Inter di Puncak Klasemen

Pada kategori pelatih, juru taktik Chelsea, Thomas Tuchel, menduduki peringkat teratas. Prestasinya itu tak terlepas dari catatan membawa Chelsea juara Liga Champions musim lalu. Sementara itu, untuk kategori pelatih wanita, Emma Hayes yang menukangi Chelsea terpilih menjadi pemenang.

Satu lagi penggawa Chelsea yang menjadi pemenang adalah Edouard Mendy. Ia terpilih sebagai penjaga gawang pria terbaik FIFA. Mendy menjadi pemain asal Afria pertama yang meraih titel tersebut. Adapun, Christiane Endler (Olympique Lyon) menjadi pemenang pada kategori wanita.

Cristiano Ronaldo tak ketinggalan maju ke podium. Ia mendapatkan penghargaan khusus terkait aksinya di panggung internasional bersama tim nasional Portugal. Ronaldo mencatatkan 115 gol dalam 184 penampilan. Untuk kategori wanita, Christine Sinclair yang trengginas bersama Kanada dengan 188 gol dari 308 laga turut mendapatkan penghargaan.

FIFA juga merilis susunan pemain tim terbai 2021 yang diambil dari voting para suporter. Sejumlah nama pemain papan atas pun terlihat.

FIFA FIFPRO11 Pria:

Penjaga Gawang: Gianluigi Donnarumma (AC Milan/Paris Saint-Germain)
Bek: David Alaba (FC Bayern München/Real Madrid CF), Leonardo Bonucci (Juventus FC) dan Rúben Dias (Manchester City FC)
Gelandang: Kevin De Bruyne (Manchester City FC), Jorginho (Chelsea FC) dan N’Golo Kanté (Chelsea FC)
Penyerang: Cristiano Ronaldo (Juventus FC/Manchester United FC), Erling Haaland (BV Borussia 09 Dortmund), Robert Lewandowski (FC Bayern München) dan Lionel Messi (FC Barcelona/Paris Saint-Germain)

FIFA FIFPRO11 Wanita:

Penjaga Gawang: Christiane Endler (Paris Saint-Germain/Olympique Lyonnais)
Bek: Millie Bright (Chelsea FC Wanita), Lucy Bronze (Manchester City WFC), Magdalena Eriksson (Chelsea FC Wanita) dan Wendie Renard (Olympique Lyonnais)
Gelandang: Estefanía Banini (Levante UD/Atlético de Madrid Femenino), Barbara Bonansea (Juventus FC Wanita) dan Carli Lloyd (NJ/NY Gotham FC)
Penyerang: Marta (Orlando Pride), Vivianne Miedema (Arsenal WFC) dan Alex Morgan (Tottenham Hotspur FC Women/Orlando Pride/San Diego Wave FC)

Lanjut ke kategori gol terbaik atau Puskas Award, penggawa Tottenham Hotspur, Erik Lamela, menjadi pemenang berkat golnya ke gawang Arsenal pada 14 Maret 2021.

Sementara itu, terkait penghargaan suporter terbaik, fans tim nasional Denmark dan Finlandia terpilih sebagai yang terbaik. Kedua fans menunjukkan aksi suportif ketika gelandang tim nasional Denmark, Christian Eriksen, terkapar di pinggir lapangan pada laga Piala Eropa 2020.

Dari kategori tim paling fair play, tim nasional Denmark beserta tim medis, dan staf pelatih keluar sebagai pemenang. Aksi heroik terkait kejadian Eriksen di Piala Eropa 2020 kembali menjadi latar pemilihan.

Sebagai catatan, pemenang penghargaan pemain, penjaga gawang, dan pelatih terbaik ditentukan oleh pemungutan suara yang dilakukan empat elemen. Empat elemen yang mendapatkan kesempatan memberikan suara adalah suporter sepak bola, media terpilih, kapten tim nasional, dan pelatih tim nasional.