BolaSkor.com – Sudah bukan rahasia umum lagi, jika Papua merupakan salah satu tempat di Indonesia yang menghasilkan para pesepakbola handal. Siapa yang tidak kenal Boaz Solossa, pemain yang berhasil membawa Persipura Jayapura juara Liga Indonesia (Liga Indonesia dan ISL) sebanyak 4 kali, dan Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016.

Ada pula Rully Nere yang juga berhasil memberikan medali emas pada SEA Games tahun 1987. Masih banyak lagi pemain Papua yang behasil memberikan prestasi kepada Timnas Indonesia. Berikut deretan pemain Papua yang mampu memberikan prestasi untuk Timnas Indonesia:

1. Rully Nere

Prestasi terhebat darah Papua layak disandang oleh sosok Rully Rudolf Nere. Bersama skuat Timnas tahun 1987, ia sukses mempersembahkan medali emas pertama dari sepak bola di SEA Games Jakarta. Penampilan epic pria yang kini sudah pensiun tersebut juga menginspirasi pemain muda asal Papua.

Rully Nere yang sekarang menjadi pelatih Timnas Wanita Indonesia (Dok.PSSI)

2. Boaz Solossa dan Ortizan Solossa

Boaz Solossa dan Ortizan Solossa berhasil menjadi buah bibir pada ajang Piala Tiger 2004. Pasalnya penampilannya di Piala Tiger (Sekarang Piala AFF) di luar dugaan. Keduanya berhasil menunjukkan performa yang luar biasa, meskipun pada akhirnya Timnas Indonesia hanya menjadi runner-up.

Setelah it, karier Boaz Solossa kian meroket bersama Persipura Jayapura dan Timnas Indonesia. Ia membawa Persipura meraih gelar juara Liga Indonesia (Liga Indonesia dan ISL) sebanyak 4 kali, dan Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016. Boaz juga membawa Timnas Indonesia kembali menjadi runner-up Piala AFF 2016.

Boaz Solossa dan Ilham Jayakesuma di Piala AFF 2004 (Istimewa)

3. Trio Papua Timnas Indonesia 2011

Masih terkait pengaruh darah Papua untuk prestasi sepak bola Indonesia. Di ajang SEA Games 2011 lalu, lewat trisula maut yakni Titus Bonai, Patrich Wanggai, dan Oktovianus Maniani, Timnas Indonesia U-23 sukses meraih medali perak.

Bahkan, Patrich Wanggai dan Titus Bonai menjadi duet yang menakutkan kala itu. Sedangkan Oktovianus Maniani sebelumnya membawa Timnas Indonesia meraih runner-up Piala AFF 2010.

Trio Papua di Sea Games 2011 (Istimewa)

4. Todd Rivaldo Ferre

Selain nama-nama tadi, Todd Rivaldo Ferre juga menjadi talenta asal Timur Indonesia yang mempunyai kontribusi besar untuk capaian Timnas Indonesia. Meski lagi-lagi bukan juara yang dipersembahkan, namun berkat kemampuannya di lapangan membuat orang kagum dengan apa yang diperlihatkan.

Seperti salah satunya ketika Piala Asia U-19 2018, aksi Todd Ferre membuat Timnas Indonesia U-19 bisa bangkit dari keterpurukan atas Qatar U-19. Ia mencetak hat-trick setelah Timnas Indonesia U-19 tertinggal 4 gol tanpa balas. Sayang, Timnas Indonesia U-19 kalah 5-6 dari Qatar U-19.

Todd Rivaldo Ferre (Istimewa)

5. Osvaldo Haay

Pemain kelahiran Jayapura ini menjadi sosok penting dalam skuat Indra Sjafri ketika meraih gelar juara Piala AFF U-22 dan medali perak SEA Games 2019. Golnya ke gawang Thailand pada waktu itu berhasil membuat Timnas Indonesia U-22 meraih gelar juara.

Di SEA Games 2019, ia menjadi top skorer turnamen dengan torehan 8 gol. Ia menjelma menjadi juru gedor yang menakutkan bagi lawan.

Selepas penampilan itu, pemain berusia 22 tahun tersebut juga sempat dilirik klub Eropa. Namun pada akhirnya ia memilih Persija Jakarta untuk melanjutkan kariernya di Liga 1 2020.

Osvaldo Haay (PSSI)