Derrick Michael, Bintang Masa Depan Timnas Basket Indonesia

Andhika PutraAndhika Putra - Selasa, 23 Juli 2019
Derrick Michael, Bintang Masa Depan Timnas Basket Indonesia
Derrick Michael (Dok: Wisnu Raditya)

BolaSkor.com - Derrick Michael menjadi pemain paling mencolok di tim nasional basket Indonesia yang berlaga pada ASEAN Schools Games 2019. Wajar, di usia yang baru menginjak 16 tahun, Derrick memiliki tinggi badan di atas rata-rata anak seusianya.

Derrick memiliki tinggi badan 2,01 meter. Kelebihan itu didukung dengan kemampuannya bermain basket. Penguasaan bola dan footwork Derrick juga terbilang cukup baik.

Bahkan, pelatih tim nasional basket Indonesia senior, Wahyu Widayat Jati, sempat memanggilnya ke pemusatan latihan nasional. Derrick menjadi pemain termuda yang ada di tim tersebut.

Tinggi badan Derrick didapat dari warisan sang Ayah yang berdarah Kamerun. Sementara sang Ibu berasal dari Sumatera Utara.

"Waktu tahu dipanggil tim nasional bersama para senior rasanya senang sekali. Setelah itu berusaha memberikan yang terbaik selama latihan," ujar Derrick.

Meski ikut menjalani pemusatan latihan, Derrick pada akhirnya tak jadi diboyong Wahyu ke William Jones Cup. Sebagai gantinya, Derrick dipercaya tampil bersama tim nasional pelajar di ASEAN Schools Games 2019.

Baca Juga:

Duo Inggris Sebut Indonesia Open Setara All England

Tanggung Jawab Besar Chen Yufei untuk Tunggal Putri China

Bagi Derrick, ini menjadi debut pertamanya bersama tim Garuda. Pebasket yang mengidolai Giannis Antetoukounmpo tersebut mengaku gugup.

Debut Derrick bersama tim nasional basket Indonesia berjalan mulus. Ia berhasil mengantarkan tim Garuda merebut kemenangan atas Singapura pada laga perdana Grup A di GOR Sahabat Semarang, Jumat (19/7) dengan skor 86-43. Pada laga tersebut, Derrick membukukan 10 poin dan sembilan rebound.

Derrick Michael (Dok Wisnu Raditya)

"Nervous rasanya karena ditonton dan didukung orang sebanyak ini. Untungnya bisa mengatasi itu dan meraih kemenangan," ujar Derrick.

Meski memiliki kelebihan dan sorotan, pelatih tim nasional basket Indonesia di ASEAN Schools Games 2019, Rifki Antolyon, tak memerlakukan Derrick secara spesial.

"Saya sudah bilang sama dia, meski sudah pernah dipanggil tim senior, saya tidak akan memberi perlakuan berbeda. Tidak boleh ada pemain spesial di tim saya," Ujar Rifki.

Kemampuan dan postur Derrick selaras dengan misi Perbasi menuju FIBA World Cup 2023. Demi memuluskan langkah ke ajang empat tahunan tersebut, Perbasi bakal membentuk tim yang berisi pemain muda. Derrick merupakan contoh pemain yang dibutuhkan tim nasional basket Indonesia agar bisa lolos ke FIBA World Cup 2023.

Derrick Michael turut mengantarkan tim nasional basket Indonesia lolos ke final ASEAN Schools Games untuk pertama kalinya setelah menumbangkan Thailand dengan skor 65-55 di GOR Sahabat, Semarang, Senin (22/7). Pada pertandingan tersebut Derrick mencetak 10 rebound dan delapan poin.

Breaking News Indonesia Basket Derrick Michael
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.245

Bagikan