BolaSkor.com - Harapan penggemar MotoGP dari Indonesia melihat aksi Marc Marquez dan kawan-kawan berlomba di Tanah Air pada tahun 2021 sudah selangkah lebih maju.

Pasalnya, pihak ITDC, sebagai perusahaan pemegang proyek pembangunan Sirkuit Jalan Raya Mandalika, Lombok telah mengumumkan proses homoligasi desain telah diselesaikan.

Pihak ITDC mengumumkan hal di atas melalui unggahan pada jejaring sosial Instagram. "Satu tahapan lagi, proses homoligasi Mandalika Street Circuit yang telah kami selesaikan kurun waktu dua bulan ini," tulis keterangan tersebut.

Baca Juga:

Presiden Jokowi dan Harapan MotoGP Indonesia

Keren, Dorna Perkenalkan MotoGP Indonesia di Qatar

"Sirkuit Mandalika telah melewati proses konsultasi di Assen, Belanda, di mana tim dari ITDC bertemu kemballi dengan Direktur Operasional Dorna, perwakilan FIM, dan beberapa mitra pembangunan sirkuit," lanjut keterangan itu.

Lebih lanjut, ITDC menceritakan pada pertemuan tersebut, desain sirkuit, termasuk bagian keselamatan dipresentasikan dan Center Line desain sirkuit disepakati.

Ini berarti titik-titik koordinat, panjang, dan lengkung lintasan satu dengan yang lainnya seperti yang tampak pada foto lay out sirkuit yang sudah tersebar luas sudah final.

"Satu langkah lagi terpenuhi untuk menyelesaikan desain sirkuit. Perlu sahabat ketahui, setelah proses homologasi ini nantinya selesai, barulah kami dapat melakukan penyusunan DED (Detailed Engineering Design)," ujar keterangan ITDC.

"Gambar kerja yang mencakup rencana teknis, arsitektur, struktur, mekanikal, elektrikal dan tata lingkungan sebelum memulai tahapan konstruksi," tambahnya.

Proses perencanaan konstruksi seperti homologasi dan DED ini memang akan memakan waktu lama. Karena adanya standar keamanan dan standar teknis yang tinggi dari FIM dan FIA.

Proses ini akan terus berlangsung sampai konstruksi dimulai pada bulan Oktober 2019 nanti.*