BolaSkor.com - Sepak bola Tanah Air menggeliat belakangan ini. Selain adanya gelaran Piala Menpora, akhir-akhir ini saling menyusul kabar munculnya klub baru, khususnya di kasta Liga 2.

Pada Desember 2020, Klub Liga 2, Putra Sinar Giri (PSG) resmi diakuisisi oleh pemilik Safin Pati Football Academy (SPFA), Saiful Arifin. PSG pindah markas dari Gresik ke Pati. Klub kemudian bernama Putra Safin Grup (PSG) Pati. Berafiliasi dengan SPFA.

Peluncuran PSG Pati kemudian disusul oleh Dewa United FC pada 22 Februari 2021. Dewa United hadir meramaikan kancah sepak bola setelah sebelumnya hadir di kancah bola basket dan ESports. Dewa United FC merupakan hasil akuisisi Martapura FC.

Baca Juga:

Siapkan Kejutan, Dewa United FC Kembali Lirik Dua Pemain Liga 1

Eks Persib Bandung Gabung ke Dewa United FC

Tak berapa lama, mengemuka nama Kaesang Pangarep. Putra bungsu Presiden Joko Widodo bersama-sama dengan Kevin Nugroho dan Erick Thohir berinvestasi ke Persis Solo. Kaesang yang memiliki saham 40 persen didapuk menjadi direktur utama Persis sejak 20 Maret lalu.

Sedangkan yang teranyar datang dari Cilegon. Klub Liga 2, Cilegon United resmi diakuisisi oleh artis ternama Indonesia, Raffi Ahmad. Saat peluncuran pada 31 Maret, Cilegon United pun berganti nama menjadi Rans Cilegon Football Club.

Nama Rans di depan diambil dari perusahaan media digital milik Raffi Ahmad, Rans Entertainment. Raffi Ahmad tidak sendiri mengakusisi klub Liga 2 tersebut, ia menggandeng pemilik perusahaan mobil mewah Prestige Motocars, Rudy Salim.

Kehadiran empat klub yang acap disebut 'Sultan" ini menjadi warna tersendiri di persepakbolaan Tanah Air yang masih mencoba bangkit dari imbas pandemi Covid-19. Keempat klub juga memiliki visi dan misi yang tidak jauh berbeda. Persis Solo dan Rans Cilegon FC misalnya memiliki tujuan memajukan sepak bola.

Kaesang dan Raffi tertantang untuk memajukan sepak bola Indonesia, mengingat Dewa United FC telah terlebih dahulu berkomitmen membangun sarana dan prasarana sepak bola di kawasan Tangsel dan PSG di wilayah Pati.

Hal ini disambut baik oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Menurutnya dengan diliriknya beberapa tim Liga 2 ini akan membuat gelaran Liga 2 2021 semakin meriah. Selain itu, para pengusaha muda ini bisa menjadi pemicu untuk pengusaha lain membeli klub sepak bola.

"Ini menjadi kebanggaan untuk saya, banyak bermunculan pengusaha baru yang membeli klub-klub di Liga 2," kata Iriawan.

Lebih Lanjut, mantan Kapolda Metro Jaya ini menilai dengan adanya orang-orang baru di sepak bola akan menjadikan industri sepak bola di Indonesia lebih maju dibandingkan dengan sebelumnya.

"Ini kebanggaan dengan memiliki kapabilitas seperti ini artinya sudah banyak yang ingin maju. Jadi dengan bermunculan CEO yang baru dan yang komit dengan sepak bola jadi bisa membuat sepak bola lebih maju lagi," pungkas Iriawan.

Lewat komitmen pengusaha untuk masuk dalam dunia sepak bola Indonesia, Iwan Bule berharap bisa membuat pemerintah dan kepolisian untuk mengeluarkan izin kompetisi bergulir Juli mendatang.

"Ini adalah wujud dari pemilik klub ingin membangun dan memajukan sepak bola."