Di Balik Awan Gelap 2018, Ada Secercah Sinar bagi Der Panzer

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 20 November 2018
Di Balik Awan Gelap 2018, Ada Secercah Sinar bagi Der Panzer
Timnas Jerman (Twitter/DFB Team)

BolaSkor.com - "At the end of a storm, there's a golden sky," demikian penggalan lagu You'll Never Walk Alone yang menjadi lagu "kebangsaan" Liverpool FC. Kalimat tersebut bisa diartikan di balik kesulitan selalu ada kemudahan.

Hal ini bisa menjadi pegangan bagi suporter timnas Jerman yang sepanjang 2018 ini dirundung awan gelap. Tim Panzer Jerman gagal total pada Piala Dunia 2018 setelah pulang cepat karena gagal lolos dari fase penyisihan grup.

Bahkan pada Piala Dunia 2018 di Rusia, Jerman yang datang berstatus juara bertahan harus takluk di tangan Meksiko dan Korea Selatan. Ini merupakan kali pertama bagi Jerman tersingkir di fase pertama sejak Piala Dunia 1938.

Hasil buruk itu berlanjut hingga saat ini. Jerman terpaksa terdegradasi ke Liga B UEFA Nations League. Pada laga melawan Belanda yang sudah tidak menentukan bagi Jerman, pasukan Joachim Low kembali gagal menang dan harus puas dengan hasil imbang 2-2 di kandang sendiri.

Der Panzer pun memperpanjang rentetan kegagalan meraih kemenangan menjadi lima pertandingan kompetitif. Thomas Muller dan kawan-kawan hanya meraih dua hasil imbang dan tiga kekalahan.

Artinya, Jerman hanya butuh satu kegagalan meraih kemenangan lagi untuk menyamai catatan muram pada Juni 1978 hingga April 1979. Pada periode itu Jerman gagal menang dalam enam laga beruntun.

Pasca hasil buruk di Rusia 2018, timnas Jerman berusaha melakukan pembenahan. Wajar, karena apa yang terjadi dalam tubuh Die Mannshaft seperti api dalam sekam. Belakangan terungkap jika timnas Jerman memang bermasalah.

UEFA Nations League Jerman
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.060

Bagikan