Di Balik Start Apik Italia Ada Pescara dan Zdenek Zeman

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Minggu, 13 Juni 2021
Di Balik Start Apik Italia Ada Pescara dan Zdenek Zeman
Ciro Immobile dan Lorenzo Insigne (uefa)

BolaSkor.com - Italia mengawali kiprah mereka di Piala Eropa 2020 secara gemilang. Mereka menghantam Turki tiga gol tanpa balas pada laga pembuka di Stadion Olimpico Roma, Sabtu (12/6) dini hari WIB. Penampilan trengginas Gli Azzurri yang membuat pelatih legendaris Zdenek Zeman tersenyum semringah.

Pada laga melawan Turki, ada hal yang terlihat menarik, terutama dari penampilan Lorenzo Insigne dan Ciro Immobile, yang masing-masing mencetak satu gol. Jika diperhatikan, Immobile dan Insigne seperti sudah bermain bersama selama 10 tahunan. Dan, memang demikian.

Ada satu sosok yang pasti akan bangga melihat penampilan Immobile dan Insigne di Olimpico. Dia adalah Zdenek Zeman. Pelatih asal Republik Ceko yang sudah menganggap Italia sebagai negera keduanya itu memang bisa dikatakan ada di balik sukses Italia di laga pembuka, khususnya gemilangnya penampilan Insigne dan Immobile.

Baca Juga:

Piala Eropa 2020: Sederet Fakta Menarik dari Kemenangan 3-0 Italia atas Turki

Piala Eropa 2020 - Italia 3-0 Turki: Pesan Serius Gli Azzurri

9 Aturan yang Tak Banyak Diketahui di Piala Eropa 2020

Pelatih yang pernah menangani AS Roma itu adalah orang petama yang memasangkan Insigne dan Immobile sebagai duet. Jadi jika duo tersebut seperti sudah bermain bersama selama bertahun-tahun, itu karena mereka sudah bertahun-tahun berduet.

Immobile mencetak 28 gol dan Insigne 18 saat keduanya membela Pescara di Serie B musim 2011-12. Pescara saat itu diasuh oleh Zeman, pelatih yang di Italia disebut sebagai guru sepak bola menyerang. Selain Insigne dan Immobile, dalam tim itu juga ada Marco Verratti.

Kebersamaan di Pescara membangun hubungan khusus antara Insigne dan Immobile. Meski kemudian berpisah klub, keduanya masih berteman akrab. Lihat saja bagaimana raut wajah keduanya saat selebrasi gol Italia kemarin. Bagitupun saat berbicara kepada media usai laga.

"Saya juga ikut bahagia dengan golnya Lorenzo. Itu merupakan sebuah gol buah dari pergerakan tim yang indah," kata Immobile.

Seperti yang diucapkan Immobile, gol yang dicetak Insigne memang terlihat apik. Gol itu terjadi lewat gerakan yang biasa dilihat dalam olahraga rugby. Bola bergerak horisontal dari kanan ke kiri hingga ditutup lewat finishing maut Insigne. Pergerakan yang acap terlihat dalam permainan tim asuhan Zeman. Tak heran, karena pelaku utama dari gol tersebut adalah dua pemain yang besar di bawah asuhan Zeman.

Di luar lapangan Insigne dan Immobile adalah tali yang menyatukan seluruh skuad Roberto Mancini. Hubungan yang akrab keduanya menular kepada pemain lain. Tawa dan candaan acap terdengar di Coverciano, markas latihan Italia. Candaan khas orang Napoli dari Insigne dan Immobile memang mampu mencairkan atmosfer.

"Kekuatan kami adalah mentalitas grup. Pelatih sudah membangun sebuah tim yang hebat," ujar Insigne.

Di samping bersenang-senang, Azzurri sangat serius di atas lapangan. Mereka memenangkan sembilan laga terakhir tanpa kebobolan, mencetak 28 gol. Mereka juga tak terkalahkan dalam 28 pertandingan. Italia memiliki catatan sempurna saat Immobile mencetak 14 golnya (12 menang, 0 seri, 0 kalah).

Rasanya Mancini dan Italia harus berterima kasih kepada Zeman jika duo Pescara terus bisa mempertahankan performa sepanjang turnamen.

Simak rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini.

Piala Eropa 2020 Lorenzo Insigne Ciro Immobile Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.962

Bagikan