BolaSkor.com - Pelanggaran peraturan yang dilakukan para pembalap kian hari makin menjadi. Untuk mencegah hal tersebut, Direktur Balap MotoGP, Mike Webb akan memberikan dashboard message yang telah diperbarui.

Tentunya publik masih ingat dengan kasus pelindung dada yang sempat dikeluarkan Fabio Quartararo pada MotoGP Catalunya Juni lalu, atau saat terjadinya senggolan antara Marc Marquez dengan Aleix Espargaro di seri Styria kemarin.

Kedua aksi tersebut sempat memicu perdebatan panas di kalangan pembalap MotoGP. Ada yang sebagian setuju memberikan hukuman penalti, tetapi ada juga yang tidak setuju.

Melihat hal tersebut, Webb menilai perlu adanya sebuah teknologi tambahan agar hukuman penalti dapat berjalan benar, tidak ambigu. Oleh sebab itu pada MotoGP Austria, Minggu (15/8) nanti, Webb akan memberikan dashboard message terbaru kepada para pembalapnya.

Dashboard message merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk memberikan pesan mengenai bendera yang berkibar saat balapan dan juga penalti. Nantinya dalam dashboard message terbaru, akan ada dua fitur tambahan yang diberikan kepada para pembalap.

Baca Juga:

Diwarnai Kebakaran, Martin Berdiri di Podium Tertinggi MotoGP Styria

Prestasi Quartararo Bikin Rossi dan Crutchlow Percaya Diri

“Ada suatu waktu ketika pembalap melakukan sesuatu yang kita tidak suka, tetapi bisa saja itu karena salah penilaian atau kesalahan. Namun, jika ternyata hal ini dilakukan berulang kali, maka akan diberikan penalti,” jelas Webb dikutip dari crash.net

“Jadi Steward akan memberikan sinyal peringatan. Mereka secara tidak langsung berkata, hei, jangan lakukan itu, kami melihatnya, jika melakukan lagi akan kami berikan penalti,” sambungnya

Fitur pertama mengenai pesan yang memberitahukan mengenai masalah peralatan, seperti baju balap, helm, sepatu balap, dan juga sarung tangan balap. Sementara fitur kedua berupa peringatan kepada pembalap saat mereka melanggar suatu peraturan.

Hal ini berguna agar para pembalap sadar bahwa aksi yang dilakukannya sangat berbahaya. Di sisi lain hal ini juga sebagai jawaban dari beberapa kasus ambigu di mana penaltihanya diberikan saat pembalap mengalami kecelakaan saja.

Penulis: Bintang Rahmat