Di Rangers, Semua Berhak dan Bisa Main Basket

Andhika PutraAndhika Putra - Senin, 14 Juni 2021
Di Rangers, Semua Berhak dan Bisa Main Basket
Christian Ronaldo Sitepu (Rangers Basketball Academy)

BolaSkor.com - Basket terkadang identik dengan fisik. Postur tinggi dan badan atletis menjadi faktor penting dalam olahraga tersebut.

Namun, basket ternyata tak hanya memandang dua hal tersebut. Basket kursi roda menjadi bukti bahwa tak selamanya olahraga bola keranjang itu menuntut kesempurnaan.

Berangkat dari niat mengajarkan basket kepada semua, mantan pemain Satria Muda, Christian Ronaldo, memiliki inisiatif menggandeng komunitas tuli untuk belajar bermain basket.

Lewat akademi yang dibangunnya bersama Rama Kharisma dan Bonanza Siregar, Rangers Basketball Academy, pebasket yang akrab disapa Dodo itu mau memberi wadah.

“Saya selalu percaya bahwa bermain basket itu bisa dilakukan semua orang. Tak harus memiliki fisik sempurna, asal ada niat, pasti ada jalan,” ujar Dodo kepada BolaSkor.com.

“Oleh karena itu kami di Rangers menggandeng komunitas basket tuli untuk memberi coaching clinic. Tujuannya sederhana, agar sama-sama belajar,” imbuhnya.

Berlajar bersama yang dimaksud Dodo adalah saling bertukar ilmu. Rangers memiliki Dodo, Amin, dan Bona yang tak diragukan lagi kemampuannya dalam bermain dan melatih basket.

Sementara komunitas basket tuli mengajarkan Rangers bahasa isyarat untuk berkomunikasi. Selain itu, ada beberapa adaptasi permainan yang jadi ilmu baru bagi Dodo.

Baca Juga:

Doa Orang Tua Mengiringi Perjalanan Karier Sandy Ibrahim

Gelar MVP Melebihi Ekspektasi Jokic

“Pertandingan basket tuli tak seperti pada umumnya yang menggunakan peluit atau bel sebagai penanda. Di sini kami menggunakan kartu,” ujar Dodo.

Rangers akan melakukan coaching clinic kepada adik-adik tuli usia 12-17 tahun pada 19 Juni 2021 di Lapangan Basket Adik Irma, Tebet. Pelatihan ini diberikan Rangers secara gratis.

Dalam kegiatan ini, Rangers menggandeng Indonesia Deaf Basketball. Niat Dodo, Amin, dan Bona disambut baik pelatih basket tuli, Tamiang Jelita Tobing.

“Awal ide ini karena saya melihat di lapangan langsung bahwa ternyata banyak anak - anak muda tuli yang suka sekali dengan basket. Namun, mereka tidak ada wadah untuk bisa mendalami olahraga basket ini. Dari sini saya mencoba untuk berkontribusi memberikan wadah,” ujar Tamiang.

Dengan adanya bimbingan dari mantan pemain profesional seperti Dodo, Amin, dan Bona, Tamiang berharap antusiasme anak-anak tuli bermain basket semakin besar. Harapannya, akan ada bibit baru yang muncul untuk Indonesia.

“Semoga semakin banyak anak-anak tuli yang mengenal basket dan memiliki kesempatan untuk mengembangkan bakat mereka,” ujar Tamiang.

Breaking News Basket IBL Christian Ronaldo Sitepu
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.245

Bagikan