Di Tubir Jurang, Ada Apa dengan Argentina?

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Jumat, 22 Juni 2018
Di Tubir Jurang, Ada Apa dengan Argentina?
Lionel Messi (Zimbio)

BolaSkor.com - Argentina dalam bahaya besar menyusul kekalahan memalukan dari Kroasia pada laga kedua Grup D. Ada apa dengan Lionel Messi dkk?

Tanda-tanda peringatan sudah bisa disaksikan jutaan mata yang menyaksikan televisi saat para pemain berbaris di atas lapangan. Ketika kamera satu per satu menyorot pemain Argentina hingga akhirnya sang kapten dengan tangan di kepala. Iya, Messi terlihat stres. Messi kelihatan sedang menanggung beban berat yang bernama ekspektasi publik Argentina.

Albiceleste tampil buruk saat dihantam 3-0 oleh Kroasia. Benar, Argentina kalah 3-0 karena menang bermain buruk. Namun sejatinya lebih daripada itu. Argentina tampil seperti sebuah tim yang dilumpuhkan oleh rasa takut. Mereka bermain tanpa keyakinan. Mereka tak yakin dengan apa yang dilakukan.

Blunder Willy Caballero menjadi pemantik keruntuhan Argentina. Keruntuhan yang bisa dimulai kapan saja, jika bukan Caballero, pemain lain akan melakukannya. Pasalnya kejatuhan Argentina pada laga itu sudah dirasa pasti akan datang.

Argentina secara matematis memang belum tersingkir dan masih punya peluang untuk lolos. Namun melihat situasi tim setelah dihajar Kroasia tampaknya perjalanan ke arah sana lebih mendekati kemustahilan.

Apa yang menimpa Argentina di Piala Dunia 2018 tergolong mengejutkan. Mereka memiliki pemain-pemain hebat. Sergio Aguero dan Gonzalo Higuain merupakan penyerang kelas atas dunia. Mereka juga memiliki Paulo Dybala yang memiliki talenta spesial dan menjadi bintang di Juventus. Dan, tentu saja mereka memiliki Lionel Messi.

Tapi kualitas pemain rupanya bukan menjadi jaminan, paling tidak untuk timnas Argentina saat ini. Semua nama pemain di atas tampil pada laga kontra Kroasia, kita semua tahu bagaimana hasilnya.

Apakah kesalahan ada pada sang arsitek, Jorge Sampaoli? Jika ada yang perlu menjadi kambing hitam, Sampaoli merupakan pilihan yang paling masuk akal.

Sampaoli memiliki waktu 12 bulan lebih menangani Argentina. Dalam rentang tersebut seharusnya dia sudah memiliki formasi dan gaya permainan yang bisa mengeluarkan kemampuan terbaik dari para pemainnya. Tapi kenyataannya jauh api dari panggangan.

Bahkan struktur dasar bertahan saja seperti tidak ada dalam pikiran Sampaoli dalam duel melawan Kroasia. Alhasil para penyerang Kroasia dengan mudah mengekspos pertahanan Argentina. Berulang kali trio pertahana Argentina, plus Caballero seperti anak ayam kehilangan induk.

Piala Dunia 2018 Argentina Lionel Messi Jorge Sampaoli
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.970

Bagikan