BolaSkor.com - David De Gea secara mengejutkan tak dipanggil Timnas Spanyol pada jeda internasional bulan ini. Gaya bermain sang kiper disebut menjadi penyebab utamanya.

Spanyol dijadwalkan melakoni dua laga uji coba kontra Albania (27 Maret) dan Islandia (30 Maret). Ini merupakan bagian persiapan La Furia Roja menuju Piala Dunia 2022.

Luis Enrique selaku pelatih tentu memanfaatkan kesempatan ini untuk membentuk komposisi tim terbaiknya. Ia memanggil 23 pemain yang sudah menjadi langganan sejak babak kualifikasi.

Baca Juga:

5 Pemain yang Pernah Perkuat Man United dan Atletico Madrid

Nostalgia: Ketika Kebohongan Membuat David de Gea Berjodoh dengan Atletico Madrid

Heavy Metal dan Rock dalam Hidup David De Gea

Namun tidak ada nama De Gea yang sebelumnya berstatus kiper kedua. Sebagai gantinya, Enrique memanggil David Raya yang bermain di Brentford untuk menemani Unai Simon dan Robert Sanchez.

Diabaikannya De Gea dari skuat Timnas Spanyol tentu mengundang pertanyaan. Sang kiper memang seolah terlahir kembali usai tampil apik bersama Manchester United.

Performa tak konsisten Manchester United memang tidak membuat sinar De Gea meredup. Sebaliknya, ia tampil menonjol dengan penyelamatan-penyelamatan ajaib yang sudah menjadi ciri khasnya.

Namun fakta tersebut tampaknya tidak membuat Enrique terkesan. De Gea tampaknya tak cocok dengan filosofi permainan yang diterapkannya.

Alasan Enrique memanggil Raya sangat dipengaruhi oleh gaya bermain sang kiper. Ia memiliki atribut sebagai kiper modern dengan kemampuan operan di atas rata-rata dan mampu berperan sebagai sweeper keeper.

"Dia (Raya) adalah pemain yang bermain sangat bagus. Saya benar-benar ingin melihatnya dalam konteks seleksi," kata Enrique di situs resmi Federasi Sepak Bola Spanyol.

"Dia memiliki profil yang diperlukan untuk bermain bersama kami."

De Gea memang ahli dalam menghalau tembakan-tembakan lawan. Namun ia tak punya atribut seperti yang dimiliki Raya.

Kualitas operan De Gea dengan kedua kaki masih biasa saja. Ia juga sering telat keluar wilayahnya untuk memotong serangan lawan.

Dua kemampuan ini wajib dimiliki seorang kiper yang mengawal gawang Spanyol. Enrique memang menerapkan gaya penguasaan bola dengan operan-operan pendek yang melibatkan semua pemain termasuk kiper.

Raya tampaknya akan diberi kesempatan unjuk kemampuan pada dua laga uji coba tersebut. Jika tampil baik, De Gea tampaknya harus mengucapkan selamat tinggal kepada Piala Dunia 2022.