Didenda Rp 70 Juta, Persib Minta Bobotoh Tak Rugikan Klub

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 04 Juli 2019
Didenda Rp 70 Juta, Persib Minta Bobotoh Tak Rugikan Klub
Bobotoh. (BolaSkor.com/Gigi Gaga)

BolaSkor.com - Persib Bandung tak bisa lepas dari denda. Padahal tim berjuluk Maung Bandung ini baru melakoni lima laga selama mengarungi Liga 1 2019.

Tak tanggung-tanggung denda yang pertama baru diterimanya di musim 2019 sebesar Rp 70 juta. Denda dari Komisi Disiplin (Komdis) itu diberikan akibat tingkah laku buruk suporter fanatiknya, saat pertandingan melawan Tira Persikabo, Selasa (18/6) lalu.

Komdis menilai Bobotoh telah melanggar pasal 68 jo dan pasal 69 ayat 1 kode disiplin dan pelanggaran disiplin pasal 70 lampiran 1 kode disiplin. Sanksi tersebut dituangkan dalam surat Komite Disiplin PSSI bernomor 020/L1/SK/KD-PSSI/VI/2019 tentang tingkah laku buruk suporter dan 021/L1/SK/KD-PSSI/VI/2019 tentang pelanggaran disiplin.

"Suporter Persib terbukti melakukan pelemparan botol terhadap supporter PS TIRA-Persikabo dan diperkuat dengan bukti-bukti yang cukup untuk menegaskan terjadinya pelanggaran disiplin. Panitia pelaksana pertandingan terbukti lalai dan gagal memberikan rasa aman dan nyaman terhadap suporter," tulis surat bernomor 021/L1/SK/KD-PSSI/VI/2019 bertanda tangan ketua Komite Disiplin PSSI, Asep Edwin Firdaus, 28 Juni 2019.

Baca Juga:

Pelatih Persija Jakarta Julio Banuelos Enggan Pikirkan Persib Bandung

Heran dengan Masalah Persib Bandung, Umuh Muchtar: Malah Jadi Tambah Pusing

Untuk kasus tingkah laku buruk suporter, Persib diwajibkan membayar denda sebesar Rp 50 juta dan kasus pelanggaran disiplin dikenai denda sebesar Rp 20 juta. Denda tersebut harus dibayar selambat-lambatnya 14 hari setelah diterimanya keputusan ini oleh manajemen Maung Bandung.

General Coordinator Panpel Persib, Budi Bram Rachman memahami dengan tingkah laku Bobotoh, lantaran di laga tersebut timnya hanya mampu meraih hasil imbang 1-1.

"Kami juga tahu itu kekecewaan bobotoh kepada tim, manajemen dan panpel. Kami berharap tidak dilampiaskan lewat tindakan yang seperti itu (anarkis) karena itu akan merugikan tim," ungkap Bram.

Benar saja pada musim 2017 lalu, Persib mendapatkan sanksi berupa denda dengan total 1,4 milyar. Lalu di musim selanjutnya sanksi malah lebih parah.

Meski hanya sekitar Rp 700 juta, Persib harus diusir bermain laga kandang diluar pulau Jawa tanpa penonton akibat beberapa oknum suporternya menewaskan suporter Persija, saat kedua tim bertemu di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage, Kota Bandung.

"Memang kalau ada kekecewaan kepada tim dan panpel sebetulnya tidak harus dilampiaskan lewat yang sifatnya merugikan. Kami tentunya akan berusaha melakukan yang terbaik untuk Bobotoh," tegasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Persib Bandung Bobotoh Liga 1 Liga 1 2019 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.013

Bagikan