Didukung Presiden FIFA, Klub ASEAN Berpeluang Tampil di Piala Dunia Antarklub Lewat Kompetisi ACC

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 05 November 2019
Didukung Presiden FIFA, Klub ASEAN Berpeluang Tampil di Piala Dunia Antarklub Lewat Kompetisi ACC
Presiden FIFA, Gianni Infantino. (AFF)

BolaSkor.com - Presiden FIFA, Gianni Infantino, memberikan dukungan penuh untuk ASEAN Club Championship (ACC) atau Kejuaraan Klub ASEAN perdana, yang akan dimulai tahun 2020. ACC adalah kompetisi yang menampilkan 12 klub terbaik dari seluruh negara Asia Tenggara, AFF.

Dukungan Gianni Infantino lahir saat MoU dukungan bidding Piala Dunia 2034, dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-35 di Bangkok, Sabtu (2/11) kemarin.

Saat itu, Gianni Infantino bertemu dengan Presiden Jenderal AFF Jenderal Khiev Sameth, Sekretaris Jenderal AFF Winston Lee, Presiden FA Laos Mr ViphetSihachakr, dan Presiden FA Thailand Pol. Jenderal Somyot Poompanmoung.

“Kami punya rencana menggelar kejuaraan ini (ACC), Presiden Infantino sangat mendukung hal ini. Dia memberikan nasehat kepada kami, dan menyatakan dukungan penuhnya untuk ACC, ” kata Presiden AFF, Mayor Jenderal Khiev Sameth.

"Kami sangat berterima kasih atas dukungan penuh dari FIFA dan AFC," tambah Mayor Jenderal Sameth.

Baca Juga:

PSSI Pimpinan Iwan Bule Gelar Rapat Tentukan Nasib Simon McMenemy

Kemungkinan Simon McMenemy Masih Dipertahankan untuk Lawan Malaysia

ACC sendiri sudah disetujuin oleh AFF. ACC menawarkan hadiah uang tunai yang menarik untuk semua tim yang berpartisipasi, yakni 500.000 dolar Amerika Serikat atau Rp 6 miliar.

Tak hanya itu, Mayor Jenderal Khiev Sameth, sangat yakin ACC bisa meningkatkan keuangan klub peserta. Nantinya, ACC merupakan kompetisi di bawah Liga Champions Asia.

“ACC juga akan membantu klub meningkatkan posisi keuangan mereka, mempromosikan pariwisata olahraga, dan meningkatkan pengalaman dari 650 juta pendukung sepak bola di wilayah kami (ASEAN)," katanya.

Nantinya, juara ACC 2021 atau edisi kedua, berpeluang tampil di Piala Dunia Antarklub. FIFA berencana menambah peserta Piala Dunia Antarklub 2021.

"Prospek bermain di FIFA Club World Cup, ini menjadi investasi yang lebih besar bagi liga dan klub di kawasan ASEAN, sehingga berkontribusi terhadap pertumbuhan lebih lanjut dari ekosistem sepak bola di Asia Tenggara," tambah Mayor Jenderal Sameth.

Namun, AFF masih menggodok regulasi dari ACC. Salah satunya memastikan jatah klub yang mewakili tiap negara anggota AFF.

Fifa AFF Gianni Infantino Piala dunia antarklub Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.013

Bagikan